MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PENALARAN SERTA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING
Abstract
Kemampuan pemahaman dan kemampuan penalaran matematik merupakan komponen yang memiliki peranan penting dalam membangun daya matematik siswa. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan kemampuan di atas, guru sebagai aktor di kelas harus dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa, salah satunya dengan mencari metode dan strategi ataupun pendekatan yang tepat sehingga kemampuan pemahaman dan penalaran matematik siswa dapat tereksplorasi dengan baik. Salah satu pendekatan pembelajaran ini adalah pendekatan accelerated lerning. Pendekatan Accelerated Learning adalah suatu pola yang digunakan dalam pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat menggugah kemampuan belajar peserta didik, membuat belajar lebih menyenangkan dan lebih cepat, serta menyederhanakan konsep-konsep matematika. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah apakah pembelajaran matematika pendekatan accelerated lerning dapat meningkatkan pemahaman dan penalaran matematik siswa SD, menelaah apakah terdapat perbedaan peningkatan pemahaman dan penalaran matematik antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan accelerated lerning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, serta untuk memperoleh informasi mengenai motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan accelerated lerning. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok kontrol tanpa acak. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Keramatmulya Kabupaten Kuningan, dengan mengambil sampel SDN 1 Bojong sebagai kelas kontrol dan SDN Karangmanggu sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemahaman matematik dan kemampuan penalaran matematik dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan uji t.Kata kunci: Pemahaman Matematik, Penalaran Matematik, Motivasi Belajar, pendekatan Accelerated Learning
References
DAFTAR PUSTAKA
Akdon. (2008). Aplikasi Statistik dan Metode Penelitian untuk administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi. Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Depdiknas, (2006), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta : Depdiknas Hudoyo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Meltzer, D.E. (2002). “The Relantionship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in
Published
2016-11-29
Section
Articles
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.