MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NHT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATERI KEPENDUDUKAN DI KELAS VIII H SMPN 3 KUNINGAN
Abstract
Latarbelakang penelitian ini adalah kurangnya penguasaan pemahaman siswa dalam matapelajaran PKN khususnya materi kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Kependudukan dikelas VIII H SMPN 3 Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep materi Kependudkan dikelas VIII H SMPN 3 Kuningan.Hal tersebut berdasarkan data meningkatnya pada siklus ke – 1 diperoleh nilai rata – rata 74,95, dan ketuntasan belajar sebesar 68,57 %. Berdasarkan indicator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori berhasil.Pada siklus ke – 2 diperoleh nilai rata – rata 80,87 Berdasarkan indikator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori sangat berhasil,sedangkan ketuntasan belajar dicapai sebesar 84,62 % termasuk kategori sangat berhasil.
Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe NHT, Pemahaman Konsep, Kependudukan
References
Alma, Buchari, DKK. 2009.Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar
Bandung: Alfabeta.
Dananjaya, Utomo.2012.Media Pembelajaran Aktif .Bandung: Nuansa. Mustakim,
Zaenal. 2009.Strategi Dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: STAIN Press. Riyanto,
Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran:Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan BerkualitasJakarta: Kencana.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Semua Materi IPS SMP Kelas 8 dapat dilihat di : Rangkuman Materi Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII.
Semua Materi IPS SMP Kelas 8 dapat dilihat di : Rangkuman Materi Pelajaran IPS SMP/ MTs Kelas VIII
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.