PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IX I SMP NEGERI 3 KUNINGAN

  • Uum Purwaningsih SMPN 3 Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang hnaya sekitar 40 % siswa yang dapat mecapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk  Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IX I SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015 dengan menggunakan  Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Stad dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kuningan sebanyak 39 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyakduaputaran. Setiapputaranterdiridariempattahapyaitu: rancangan, kegiatandanpengamatan, refleksi, danrefisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwapenggunaan  pendekatan kooperatif learning TIPE STADdapat meningkatkan pemahaman konsep tentang materi globalisasi pada siswa kelas IX I SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015. Hal ini terlihat dari sikluske – 1 diperolehnilai rata – rata sebesar 73,18 danketuntasabelajarsebesar 43,59 %, berdasarkan indicator keberhasilanperolehantersebuttermasukpadakategoriberhasil.Padasikluske – 2 diperolehnilai rata – rata sebsesar 80,82. Berdasarkan indicator keberhasilanperolehantersebuttermasukkategorisangatberhasil,  sedangkanketuntasanbelajardicapai 84,62%. Termasukkategorisangatberhasil.

 

Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe STAD, Pemahaman Konsep, Globalisasi

 


References

Sunendar, Tatang. 2007. PenelitianTindakanKelasMakalahDisajikanpada Work Shop Guru PPKnProvinsiJawaBaat.DepdiknasDirjen PMPTK LPMP Jawa Barat.

Tim PengembangKurikulum SMPN 3 Kuningan 2015.Kurikulum SMPN 3 KuninganDokumen 2.Kuningan : SMPN 3 Kuningan.

Alma, Buchari, DKK. 2009.GuruProfesional: MenguasaiMetodedanTerampilMengajar. Bandung: Alfabeta.

Dananjaya, Utomo.2012.Media PembelajaranAktif.Bandung: Nuansa.

Mustakim, Zaenal. 2009.Strategi Dan MetodePembelajaran. Pekalongan: STAIN Press.

Riyanto, Yatim. 2010. ParadigmaBaruPembelajaran:SebagaiReferensiBagi Guru/PendidikDalamImplementasiPembelajaran Yang Jakarta: Kencana.

Rusman. 2011.Model-Model Pembelajaran: MengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Published
2018-12-31
Section
Articles