PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IX I SMP NEGERI 3 KUNINGAN

Uum Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang hnaya sekitar 40 % siswa yang dapat mecapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IX I SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015 dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Stad dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kuningan sebanyak 39 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyakduaputaran. Setiapputaranterdiridariempattahapyaitu: rancangan, kegiatandanpengamatan, refleksi, danrefisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwapenggunaan pendekatan kooperatif learning TIPE STADdapat meningkatkan pemahaman konsep tentang materi globalisasi pada siswa kelas IX I SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015. Hal ini terlihat dari sikluske 1 diperolehnilai rata rata sebesar 73,18 danketuntasabelajarsebesar 43,59 %, berdasarkan indicator keberhasilanperolehantersebuttermasukpadakategoriberhasil.Padasikluske 2 diperolehnilai rata rata sebsesar 80,82. Berdasarkan indicator keberhasilanperolehantersebuttermasukkategorisangatberhasil, sedangkanketuntasanbelajardicapai 84,62%. Termasukkategorisangatberhasil.

Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe STAD, Pemahaman Konsep, Globalisasi



Full Text:

PDF

References


Sunendar, Tatang. 2007. PenelitianTindakanKelasMakalahDisajikanpada Work Shop Guru PPKnProvinsiJawaBaat.DepdiknasDirjen PMPTK LPMP Jawa Barat.

Tim PengembangKurikulum SMPN 3 Kuningan 2015.Kurikulum SMPN 3 KuninganDokumen 2.Kuningan : SMPN 3 Kuningan.

Alma, Buchari, DKK. 2009.GuruProfesional: MenguasaiMetodedanTerampilMengajar. Bandung: Alfabeta.

Dananjaya, Utomo.2012.Media PembelajaranAktif.Bandung: Nuansa.

Mustakim, Zaenal. 2009.Strategi Dan MetodePembelajaran. Pekalongan: STAIN Press.

Riyanto, Yatim. 2010. ParadigmaBaruPembelajaran:SebagaiReferensiBagi Guru/PendidikDalamImplementasiPembelajaran Yang Jakarta: Kencana.

Rusman. 2011.Model-Model Pembelajaran: MengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta: Raja GrafindoPersada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter