PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI MEMBACA SISWA KELAS VIII - J DI SMP NEGERI 3 KUNINGAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan dan motovasi siswa dalam membaca buku teks bacaan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang materi membaca pada siswa kelas VIII- J SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015 dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kuningan dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif learning Tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep tentang materi membaca pada siswa kelas VIII – J SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015. Hal ini ditunjukan pada siklus ke – 1 diperoleh nilai rata – rata sebesar 72,19 dan ketuntasan belajar sebesar 40,63 %, berdasarkan indikator keberhasilan perolehan tersebut termasuk pada kategori berhasil. Sedangkan pada siklus ke – 2 diperoleh nilai rata – rata sebsesar 81,03. Berdasarkan indicator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori sangat berhasil, sedangkan ketuntasan belajar dicapai 84,37%. Termasuk kategori sangat berhasil.
Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe STAD, Pemahaman Konsep, Materi Membaca
References
Sunendar, Tatang. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Makalah Disajikan pada Work Shop Guru PPKn Provinsi Jawa Baat. Depdiknas Dirjen PMPTK LPMP Jawa Barat.
Tim Pengembang Kurikulum SMPN 3 Kuningan 2015. Kurikulum SMPN 3 Kuningan Dokumen 2. Kuningan : SMPN 3 Kuningan.
Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Trianto. 2010.
Hardjasudjana, A.S. 2003) Membaca dalam Teori dan Praktik. KARUNIKA.
Nurhadi (2004) Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tarigan, H.G. (1983) Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Triono. 2007. Model Pembelajaran Inovatif. Prestasi Pustaka: Jakartaa
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.