PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI MEMBACA SISWA KELAS VIII - J DI SMP NEGERI 3 KUNINGAN

Warno Warno

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan dan motovasi siswa dalam membaca buku teks bacaan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang materi membaca pada siswa kelas VIII- J SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015 dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kuningan dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif learning Tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep tentang materi membaca pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 3 Kuningan Tahun 2015. Hal ini ditunjukan pada siklus ke 1 diperoleh nilai rata rata sebesar 72,19 dan ketuntasan belajar sebesar 40,63 %, berdasarkan indikator keberhasilan perolehan tersebut termasuk pada kategori berhasil. Sedangkan pada siklus ke 2 diperoleh nilai rata rata sebsesar 81,03. Berdasarkan indicator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori sangat berhasil, sedangkan ketuntasan belajar dicapai 84,37%. Termasuk kategori sangat berhasil.

Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe STAD, Pemahaman Konsep, Materi Membaca



Full Text:

PDF

References


Sunendar, Tatang. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Makalah Disajikan pada Work Shop Guru PPKn Provinsi Jawa Baat. Depdiknas Dirjen PMPTK LPMP Jawa Barat.

Tim Pengembang Kurikulum SMPN 3 Kuningan 2015. Kurikulum SMPN 3 Kuningan Dokumen 2. Kuningan : SMPN 3 Kuningan.

Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Trianto. 2010.

Hardjasudjana, A.S. 2003) Membaca dalam Teori dan Praktik. KARUNIKA.

Nurhadi (2004) Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, H.G. (1983) Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triono. 2007. Model Pembelajaran Inovatif. Prestasi Pustaka: Jakartaa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter