MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NHT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATERI BERBICARA DI KELAS VIII F SMPN 3 KUNINGAN

Saehunah Saehunah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar selama KBM, (2) meningkatkan keberanian siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia di berbagai kegiatan berbahasa, (3) meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa, (4) meningkatkan keterampilan guru dalam menentukan pendekatan pembelajaran sehingga anak senang, aktif dalam berbicara selama kegiatan belajar, (5) untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep materi upaya bela Negara dikelas VIII - F SMPN 3 Kuningan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kuningan dengan jumlah siswa 37 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep materi berbicara dikelas VIII I SMPN 3 Kuningan. Hal ini ditunjukan oleh siklus ke 1 diperoleh nilai rata rata 74,81, dan ketuntasan belajar sebesar 62,16 %. Berdasarkan indicator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori berhasil. Pada siklus ke 2 diperoleh nilai rata rata 80,87 Berdasarkan indicator keberhasilan perolehan tersebut termasuk kategori sangat berhasil, sedangkan ketuntasan belajar dicapai sebesar 84,78 % termasuk kategori sangat berhasil.

Kata Kunci : Kooperatif Learning Tipe NHT, Pemahaman Konsep, Berbicara

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional R I. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta.

Ridwan Saadah. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. Bandung

Suyanto, K E., Kasihani. Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa . Fakultas Sastra, Universitas Malang, Malang.

Suyanto, K E., Kasihani. 2003. Authentic Assessment. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat PLP, Depdiknas. Jakarta

Dananjaya, Utomo.2012. Media Pembelajaran Aktif . Bandung: Alfabeta.

Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas Jakarta: Kencana.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru

Jakarta: Raja Grafindo Persada. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.