PENGGUNAAN MEDIAJARI TANGAN BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BILANGAN ROMAWI SD NEGERI CIPASUNG

Dewi Kusumawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis dan membaca bilangan Romawi atau sebaliknya,merupakan salah satu penyebab peneliti melakukan perbaikan tindakan. Tujuan penelitian tindakan kelas terdiri atas : (1) tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperbaiki/meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas, (2) tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media jari tangan bernyanyi sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV pada materi bilangan Romawi SD Negeri Cipasung. Penelitian ini dilakanakan di SD Negeri Cipasung dengan subjek penelitian siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media jari tangan bernyanyi dalam mata pelajaran matematika materi bilangan Romawi dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IV SD Negeri Cipasung. Hal tersebut berdasarkan data meningkatnya nilai hasil belajar siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan sebagai berikut. Hasil rekapitulasi penilaian aspek kognitif siswa siklus I memperoleh nilai 296. Sementara itu, pada siklus II diperoleh data sebesar 372. Berdasarkan data tersebut maka penilaian aspek kognitif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 76. Hasil rekapitulasi penilaian aspek sikap pada siklus I diperoleh data sebesar 380, sedangkan siklus II diperoleh data sebesar 406. Berarti ada kenaikan nilai sebesar dua digit yakni 26 dari siklus I ke siklus II. Hasil rekapitulasi aspek keterampilan pada siklus I diperoleh nilai 157. Sementara itu pada siklus II diperoleh nilai 242, dengan demikian ada selisih peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II yakni 85.

Kata Kunci : Media Jari Tangan Bernyanyi, Kemampuan Belajar, Bilangan Romawi


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamara, Bahri. 2011. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Srabaya: Rineka Cipta.

Hernawan, Asep Herry dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jihad, dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Muhsetyo, Gatot. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta:Universitas Terbuka.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Mustaqim, Burhan dan Ary Astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika Jilid 4 untuk SD dan MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen pendidikan Nasional.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2015. Pembelajaran TematikTerpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT RajaGrapindo Prsada.

Sadiman, Arief S., dkk. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah,Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter