PENGGUNAAN MEDIA“JARI TANGAN BERNYANYI” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI BILANGAN ROMAWI SD NEGERI CIPASUNG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis dan membaca bilangan Romawi atau sebaliknya,merupakan salah satu penyebab peneliti melakukan perbaikan tindakan. Tujuan penelitian tindakan kelas terdiri atas : (1) tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperbaiki/meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas, (2) tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media “jari tangan bernyanyi” sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV pada materi bilangan Romawi SD Negeri Cipasung. Penelitian ini dilakanakan di SD Negeri Cipasung dengan subjek penelitian siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media “jari tangan bernyanyi” dalam mata pelajaran matematika materi bilangan Romawi dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IV SD Negeri Cipasung. Hal tersebut berdasarkan data meningkatnya nilai hasil belajar siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan sebagai berikut. Hasil rekapitulasi penilaian aspek kognitif siswa siklus I memperoleh nilai 296. Sementara itu, pada siklus II diperoleh data sebesar 372. Berdasarkan data tersebut maka penilaian aspek kognitif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 76. Hasil rekapitulasi penilaian aspek sikap pada siklus I diperoleh data sebesar 380, sedangkan siklus II diperoleh data sebesar 406. Berarti ada kenaikan nilai sebesar dua digit yakni 26 dari siklus I ke siklus II. Hasil rekapitulasi aspek keterampilan pada siklus I diperoleh nilai 157. Sementara itu pada siklus II diperoleh nilai 242, dengan demikian ada selisih peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II yakni 85.
Kata Kunci : Media “Jari Tangan Bernyanyi”, Kemampuan Belajar, Bilangan Romawi
References
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamara, Bahri. 2011. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Srabaya: Rineka Cipta.
Hernawan, Asep Herry dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jihad, dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Muhsetyo, Gatot. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta:Universitas Terbuka.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Mustaqim, Burhan dan Ary Astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika Jilid 4 untuk SD dan MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen pendidikan Nasional.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2015. Pembelajaran TematikTerpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT RajaGrapindo Prsada.
Sadiman, Arief S., dkk. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah,Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.