Efektivitas Penggunaan Metode Pengertian Organisasi Meningkatkan Hasil Belajar PKN Kelas V SDN I Dukuhmaja pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan

Kosim Kosim

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam penerapan metode pada proses pembelajaran setelah melakukan Penelitian Tindakan Kelas di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung dan untuk mengevaluasi perencanaan pembelajaran PKN sebelum dan sesudah diadakan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas telah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penerapan metode pada proses pembelajaran di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung pada Siklus I perolehan nilai rata-rata yaitu : 51,07 dari skor ideal : 100, maka presentase keberhasilan keaktifan siswa baru mencapai 43 % dengan katagori kurang, pada Siklus II meningkat dengan nilai perolehan rata-rata yaitu : 74,28 dari skor ideal : 100, maka persentasi keberhasilan keaktifan siswa telah mencapai 64 % dengan katagori cukup, namun belum maksimal karna masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM, pada Siklus III meningkat signifikan jumlah perolehan nilai rata-rata yaiti : 92,05, dari skor ideal 100, maka persentasi keberhasilan keaktifan siswa telah mencapai 90 % dengan katagori baik. Peningkatan kemampuan guru dalam penerapan metode pada proses pembelajaran sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas di SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung diperoleh yaitu: 51,07 dari skor ideal : 100, maka persentasi keberhasilan baru mencapai 43 % dengan kategori kurang, dan pada Siklus II meningkat dengan jumlah skor yang diperoleh yaitu : 74,28 dari skor ideal : 100, maka persentasi keberhasilan keaktifan siswa telah mencapai 64 % dengan kategori cukup, namun belum maksimal karena masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM, pada Siklus III meningkat signifikan jumlah skor yang diperoleh yaiti : 92,05, dari skor ideal 100, maka persentasi keberhasilan telah mencapai 90 % dengan katagori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas juga telah mampu meningkatkan kompetensi guru SDN 1 Dukuhmaja Kecamatan Luragung dalam memilih model yang tepat dalam penerapan metode pada proses pembelajaran di kelasnya.

Kata Kunci : Metode Pengertian Organisasi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Nurkancana, Wayan. 1986. Evalusi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Harisiati, Titik. 1999. Penelitian Tindakan Sebagai Aplikasi Metode Ilmiah dan Pemecahan Masalah Pembelajaran. Dalam Seminar FPBS IKIP Malang.

I.G.A.K Wardani, Siti Julaeha, Ngadi Marsinah. 2001. Pemantapan Kemampuan Profesional (Panduan). Universitas Terbuka. Jakarta

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineksa Cipta.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Kuningan.

Widyati S. 2004. Belajar Aktif PKn Untuk Kelas V. Bintang Ilmu. Makasar.

Dinas Pendidikan Kabupaten. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Sebagai Pedoman Kurikulum TK, SD/MI. Kuningan.

Dinas Pendidikan Nasional. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Universitas Terbuka.

Taufik, Agus dkk. (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani I.G.K. dkk. (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani I.G.K. dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Melvin. L. Silberman. 2007. Active Learning. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa dan Nusamedia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.