PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEBEBASAN BERORGANISASI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GANDASOLI

Masniah Masniah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Gandasoli melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gandasoli Tahun 2017 pada mata pelajaran PKn, khususnya pada materi Kebebasan Berorganisasi. Jumlah siswa sebanyak 50 orang siswa, terdiri dari 25 orang siswa laki-laki dan 25 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan tindakan; dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 59,8 pada pertemuan 1 Siklus 1, menjadi 68,1 pada pertemuan 2 Siklus 1, menjadi 75,8 pada pertemuan 1 Siklus 2 dan menjadi 85,4 pada pertemuan 2 Siklus 2. Sementara dari persentase ketuntasan terjadi peningkatan dari 12% pada pertemuan 1 Siklus 1, menjadi 40% pada pertemuan 2 Siklus 1, menjadi 66% pada pertemuan 1 Siklus 2 dan menjadi 86% pada pertemuan 2. Dari hasil tersebut, maka nilai dan persentase ketuntasan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya, baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Kebebasan Berorganisasi siswa kelas V SD Negeri 1 Gandasoli.
Kata kunci: Hasil Belajar, Kebebasan Berorganisasi, Think Pair Share


Full Text:

PDF

References


Anita, Lie. (2005). Cooperatif learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Depdiknas. (2006). Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Muh. User & Lilis Setiawati. (1993). Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar (bahan kajian PKG, MGBS, MGMP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Waseno, I. (1994). Wawasan dan komponen dasar penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.