UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PENGAJARAN BERBASIS INKUIRI DI KELAS II SD N 2 KEDUNGARUM

Nanni Setiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pengajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas II SDN 2 Kedungarum Kecamatan Kuningan tahun ajaran 2018/2019 pada materi benda dan kegunaannya. Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II di SDN 2 Kedungarum Kecamatan Kuningan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian diambil dari lembar observasi guru dan siswa. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari evaluasi siklus 1; siswa yang tuntas dalam pembelajaran benda dan kegunaanya hanya 19 orang dari 26 orang yang mengikuti tes evaluasi. Hasil tersebut memadai untuk melakukan penelitian berikutnya; yaitu berupa perbaikan yang mana dilakukan berdasarkan hasil refleksi. Setelah dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada siklus 2, siswa yang tuntas sebanyak 24 orang dan 2 orang siswa tidak tuntas. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 92,30%. Hasil pada siklus 2 mengalami peningkatan lebih baik dari siklus 1. Adanya peningkatan hasil belajar pada siklus 2 ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran berbasis inkuiri. Selain itu, peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pengajaran berbasis inkuiri semakin mantap.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Inkuiri, IPA


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. (1996). Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Standar Nasional Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pustaka Candra.

Hadi, Sutrisno. (1982). Metodologi research jilid I. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.

Melfin, L Siberman. (2004). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.

Ngalim, Purwanto M. (1990). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, dkk. (Tanpa Tahun). Pembelajaran kontektual (contextual teaching and learning/ctl) dan penerapan dalam kbk. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Surakhmad, Winarno. (1990). Metode pengajaran nasional. Bandung: Jemmars.

Wardani, I. G. A. K., Wihardit, K., dan Nasution N. (2006). Penelitian Tindakan Kelas IDIK 4420. Jakarta : Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.