UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN ALAT PERAGA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEDUNGARUM KECAMATAN KUNINGAN

Siti Ganicah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil tes formatif yang jauh dari memuaskan, yaitu nilai rata-rata kelas 62, dan ketuntasan 25%, pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 2 Kedungarum tahun pelajaran 2017/2018. Hasil refleksi menunjukkan kondisi pembelajaran menggunakan metode yang kurang sesuai materi dan kondisi siswa. Maka perlu dipilih metode Group Investigation dan alat peraga gambar agar dapat mengarahkan siswa pada konsep real. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode group investigation dan alat peraga gambar dapat meningkatkan prestasi siswa kelas V SD N 2 Kedungarum tahun pelajaran 2017/2018 tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Kedungarum Kecamatan Kuningan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 12 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Data penelitian prestasi hasil belajar siswa dilihat dari hasil tes formatif. Untuk mengetahui kevaliditasan pelaksanaan pembelajaran telah aktif/sesuai dengan RPP, maka diambil juga dari hasil observasi guru, siswa, dan PBM, selain itu guna memberikan masukan secara obyektif untuk perbaikan di siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dari tes formatif pada siklus 1 rata-rata kelas 73, ketuntasan siswa 58%. Setelah dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada siklus 2 nilai rata-rata siswa 84, maka telah melampaui nilai rata-rata kelas yang diharapkan yaitu ≥ 75. Ketuntasan siswa pada siklus 2 sebesar 92%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Group Investigation dan alat peraga gambar telah meningkatkan prestasi siswa kelas V SDN 2 Kedungarum Kecamatan Kuningan tahun pelajran 2017/2018.
Kata kunci: Hasil belajar IPS, Metode Group Investiation, Alat Peraga Gambar


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2010). Cooperatif learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustka Pelajar.

Andayani dkk. (2008). Pemantapan kemampuan profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asep Herry Hernawan, dkk. (2008). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mastur, dkk. (2008). Ilmu pengetahuan sosial 5. KTSP. Semarang: Aneka Ilmu.

Tantya Hisnu P, Winardi. (2008). Ilmu pengetahuan sosial 5. BSE. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Thayep. (1994). IPS terpadu jilid 3 Kelas 5. Jakarta: Erlangga.

Udin S Winataputra dkk. (2008). Materi dan pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani I.G.A.K, Wihardit. K, Nasoetion N. (2003). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.