PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN CIBENTANG KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN

Roheni Roheni

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan ini untuk mengupayakan perbaikan pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas VI SDN Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan dengan mengangkat judul Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Pelaksanan Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Adapun Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan.Penelitian ini berlangsung pada tanggal 22 Januari 2018 s/d 19 februari 2018, karena waktu ini diperkirakan untuk memberikan materi tentang gejala alam dan merupakan waktu awal semester, sehingga penelitian ini tidak banyak terganggu oleh kegiatan lainnya dan dapat terlaksana sesuai jadwal. Terdiri dari Observasi Guru, Observasi Kegiatan Siswa, Tes, dan Wawancara. Setelah melakukan penelitian dengan siklus I dan II dalam pembelajaran IPS di kelas VI SDN Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan terlihat ada perubahan, baik dalam aktivitas guru waktu mengajar yang diperlihatkan dalam siklus ke satu sampai ke dua nampak ada perubahan, begitupun dengan aktivitas siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar, IPS


Full Text:

PDF

References


Asmawi Zainul & Agus Mulyana. (2007). Tes dan assessment di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dahar, Ratna Wilis. (1996). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

Hera Lestari Mikarta, dkk. (2007). Pendidikan anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Indrastuti, Penny Rahmawaty. (2008). Ilmu pengetahuan sosial kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Juliansyah Noor. (2011). Metodologi penelitian. Jakarta: Kencana.

Moh Nazir. (2011). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nana Bermana, dkk. (2007). Ilmu pengetahuan sosial VI. Bandung: SPKN.

https://muhammadanshari9.blogspot.com/2013/10/model-pembelajaran-snowball-throwing.html

https://proposalmatematika23.blogspot.com/2013/05/model-pembelajaran-snowball-throwing.html

Wardani, I.G.A.K, dkk. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.