PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN CIBENTANG KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan ini untuk mengupayakan perbaikan pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas VI SDN Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan dengan mengangkat judul ”Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan”. Pelaksanan Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Adapun Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan.Penelitian ini berlangsung pada tanggal 22 Januari 2018 s/d 19 februari 2018, karena waktu ini diperkirakan untuk memberikan materi tentang gejala alam dan merupakan waktu awal semester, sehingga penelitian ini tidak banyak terganggu oleh kegiatan lainnya dan dapat terlaksana sesuai jadwal. Terdiri dari Observasi Guru, Observasi Kegiatan Siswa, Tes, dan Wawancara. Setelah melakukan penelitian dengan siklus I dan II dalam pembelajaran IPS di kelas VI SDN Cibentang Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan terlihat ada perubahan, baik dalam aktivitas guru waktu mengajar yang diperlihatkan dalam siklus ke satu sampai ke dua nampak ada perubahan, begitupun dengan aktivitas siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar, IPS
References
Asmawi Zainul & Agus Mulyana. (2007). Tes dan assessment di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dahar, Ratna Wilis. (1996). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.
Hera Lestari Mikarta, dkk. (2007). Pendidikan anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Indrastuti, Penny Rahmawaty. (2008). Ilmu pengetahuan sosial kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Juliansyah Noor. (2011). Metodologi penelitian. Jakarta: Kencana.
Moh Nazir. (2011). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nana Bermana, dkk. (2007). Ilmu pengetahuan sosial VI. Bandung: SPKN.
https://muhammadanshari9.blogspot.com/2013/10/model-pembelajaran-snowball-throwing.html
https://proposalmatematika23.blogspot.com/2013/05/model-pembelajaran-snowball-throwing.html
Wardani, I.G.A.K, dkk. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.