PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN DUA BILANGAN CACAH SISWA KELAS II B SD NEGERI PAJAMBON
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) ini berjudul ”Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Membandingkan Dua Bilangan Cacah Siswa Kelas II B SD Negeri Pajambon”. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membandingkan dua bilangan cacah siswa kelas II B SD Negeri Pajambon melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B SD Negeri 4 Pajambon Kabupaten Kuningan tahun 2018 dengan jumlah 20 siswa pada pembelajaran membandingkan dua bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus dan 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian pada tes evaluasi pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 61, prosentase ketuntasan sebesar 20%, sedangakan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 68,5 dan prosentase ketuntasan sebesar 30%. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas pada pertemuan 1 sebesar 77 dengan prosentase ketuntasan sebesar 70%, pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 84 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85%. Dari hasil di atas, maka nilai dan prosentase ketuntasan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya, baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar membandingkan dua bilangan cacah siswa kelas II B SD Negeri Pajambon.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share
References
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: PB Dharma Bakti.
Dirjen Disdakmen. (2006). Pedoman penilaian hasil belajar sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik. (1992). Media pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Hartoyo. (1999). Evaluasi hasil belajar dan pengajaran remedial. Surakarta: FKIP UNS.
Muhibbin Syah. (2004). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution dan Sabrinah. (2003). Metode research (penelitian ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Ngadino. (1986). Media pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Roijakkers. (1982). Mengajar dengan sukses. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2002). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistriyo. (1987). Strategi belajar mengajar. Surakarta: UNS Press.
Sumadi Suryabrata. (2003). Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutopo. (1987). Psikologi belajar. Surakarta: Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa.
Sutrisno Hadi. (2002). Statistik jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
UU RI No. 20. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: DPR RI.
Winkel. (2005). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.