PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN DUA BILANGAN CACAH SISWA KELAS II B SD NEGERI PAJAMBON
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) ini berjudul ”Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Membandingkan Dua Bilangan Cacah Siswa Kelas II B SD Negeri Pajambon”. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membandingkan dua bilangan cacah siswa kelas II B SD Negeri Pajambon melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B SD Negeri 4 Pajambon Kabupaten Kuningan tahun 2018 dengan jumlah 20 siswa pada pembelajaran membandingkan dua bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus dan 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian pada tes evaluasi pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 61, prosentase ketuntasan sebesar 20%, sedangakan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 68,5 dan prosentase ketuntasan sebesar 30%. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas pada pertemuan 1 sebesar 77 dengan prosentase ketuntasan sebesar 70%, pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 84 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85%. Dari hasil di atas, maka nilai dan prosentase ketuntasan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya, baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar membandingkan dua bilangan cacah siswa kelas II B SD Negeri Pajambon.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: PB Dharma Bakti.
Dirjen Disdakmen. (2006). Pedoman penilaian hasil belajar sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik. (1992). Media pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Hartoyo. (1999). Evaluasi hasil belajar dan pengajaran remedial. Surakarta: FKIP UNS.
Muhibbin Syah. (2004). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution dan Sabrinah. (2003). Metode research (penelitian ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Ngadino. (1986). Media pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Roijakkers. (1982). Mengajar dengan sukses. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2002). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistriyo. (1987). Strategi belajar mengajar. Surakarta: UNS Press.
Sumadi Suryabrata. (2003). Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutopo. (1987). Psikologi belajar. Surakarta: Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa.
Sutrisno Hadi. (2002). Statistik jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
UU RI No. 20. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: DPR RI.
Winkel. (2005). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.