UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP) SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 CILOA
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) ini Berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Ciloa”. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Ciloa melalui penggunaan pendekatan keterampilan proses (PKP). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Ciloa Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran IPA. Jumlah siswa sebanyak 42 orang siswa, terdiri dari 28 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) pengamatan tindakan; dan (d) refleksi. Hasil penelititian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata 61,66 pada siklus I pertemuan 1, menjadi 69,28 pada siklus I pertemuan 2, 74,52 pada siklus II pertemuan 1 dan menjadi 82,61 pada siklus II pertemuan 2. Sementara dari prosesntasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 11,90% pada siklus I pertemuan 1, menjadi 35,71% pada siklus I pertemuan 2, 57,14% pada siklus II pertemuan 1 menjadi 80,95% pada siklus II pertemuan 2. Dari hasil di atas, maka nilai dan prosentase ketuntasan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya, baik pertumuan 1 maupun pertemuan 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses (PKP) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Ciloa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Keterampilan Proses (PKP), IPA
References
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: PB Dharma Bakti.
Nazir, Moh. (2005). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Samiawan, C., dkk. (1987). Pendekatan keterampilan proses. Jakarta: PT Gramedia.
Sudjana, Nana. (1995). Penilaian hasil proses. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardhani, I. G. A. K., dkk. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta. UT.
Winataputra, dkk. (2005). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.