UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENYIMPULKAN ISI BACAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT
Abstract
Capaian hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang dari KKM, khususnya pada materi membaca berita. Pembelajaran membaca berita dimungkinkan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Kelas VIII-G SMP Negeri 3 Kuningan Semester I Tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca berita dengan baik dan benar sesuai dengan EYD dan menyebutkan unsur-unsur berita, fakta serta karakteristik dapat menjawab 75% dari pertanyaan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kuningan.
Kata Kunci: bahasa; membaca berita; cooperative script
References
Anang. (2004). Materi pelajaran terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pendidikan Program.
Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Pendasmen. (2000). Pendidikan bermutu mendefinisikan dan mengevaluasi mutu. Jakarta: Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SMP.
Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Barat. (2001). Gambaran guru sebagai fasilitator belajar siswa. Jawa Barat: BEF.
Depdiknas Dirjen Pendasmen. (2005). Model-model pembelajaran. Jawa Barat: LPMP.
Gunawan Undang. (2012). Teknik penelitian tindakan kelas. Bandung:
Rostiah. (1985). Strategi belajar mengajar. Bina Aksara.
Kasi Kurikulum Subdin SLTP. (2002). Kumpulan berbasis kompetensi. Kuningan: Dinas Pendidikan Kuningan.
Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (1989). Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pendidikan Berkarakter Bangsa. (2010). Silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Provinsi Jawa Barat.
Sunaryo Kartadinata. 2011. Bahan ajar profesionalisme guru (PLPG) Rayon 110: penelitian tindakan kelas dan karya tulis ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sunaryo Kartadinata. 2011. Bahan ajar profesionalisme guru (PLPG) Rayon 110: bahan ajar Bahasa Indonesia SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.