UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENYIMPULKAN ISI BACAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT

Tuti Siti Nurhayati

Abstract


Capaian hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang dari KKM, khususnya pada materi membaca berita. Pembelajaran membaca berita dimungkinkan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Kelas VIII-G SMP Negeri 3 Kuningan Semester I Tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca berita dengan baik dan benar sesuai dengan EYD dan menyebutkan unsur-unsur berita, fakta serta karakteristik dapat menjawab 75% dari pertanyaan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kuningan.
Kata Kunci: bahasa; membaca berita; cooperative script


Full Text:

PDF

References


Anang. (2004). Materi pelajaran terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pendidikan Program.

Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Pendasmen. (2000). Pendidikan bermutu mendefinisikan dan mengevaluasi mutu. Jakarta: Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SMP.

Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Barat. (2001). Gambaran guru sebagai fasilitator belajar siswa. Jawa Barat: BEF.

Depdiknas Dirjen Pendasmen. (2005). Model-model pembelajaran. Jawa Barat: LPMP.

Gunawan Undang. (2012). Teknik penelitian tindakan kelas. Bandung:

Rostiah. (1985). Strategi belajar mengajar. Bina Aksara.

Kasi Kurikulum Subdin SLTP. (2002). Kumpulan berbasis kompetensi. Kuningan: Dinas Pendidikan Kuningan.

Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (1989). Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pendidikan Berkarakter Bangsa. (2010). Silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Provinsi Jawa Barat.

Sunaryo Kartadinata. 2011. Bahan ajar profesionalisme guru (PLPG) Rayon 110: penelitian tindakan kelas dan karya tulis ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunaryo Kartadinata. 2011. Bahan ajar profesionalisme guru (PLPG) Rayon 110: bahan ajar Bahasa Indonesia SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter