ANALISIS KARAKTERISTIK SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN: SEBUAH STUDI LITERATUR
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afandi, M., Chamalah, E., & wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.
Afni, N., Khairil, & Abdullah. (2014). Penerapan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) pada Konsep Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Jurnal Biotik, 2 (2), 77‒82.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Faslah, R. (2013). Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran. Econo Sains, 11 (2), 93‒109.
Fatonah, S. & Prasetyo, Z. K. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Ghina, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat pada Tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV MIN 13 Aceh Besar Tahun 2017/2018. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.
Hacieminoglu, E., Ali, M. M., Yager, R. E., Oztas, F., & Oztas, H. (2015). Differences between Students in STS and Non-STS Classrooms Regarding Creativity. Revista de Cercetare si Interventie Sociala, 50, 22‒37.
Hunaepi, Samsuri, T., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2014). Sains Teknologi Masyarakat Strategi, Pendekatan, dan Model Pembelajaran. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Juhji. (2016). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran IPA. Primary, 8 (1), 25‒34.
Indrawati. (2011). Modul Perencanaan Pembelajaran fisika: Model-Model Pembelajaran. Diperoleh 17 Januari 2020 dari http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10234.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2016). Models of Teaching (Ninth Edition). Terj. Rianayati Kusmini Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 5 (1), 36‒39.
Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Primastuti, M. & Atun, S. (2018). Science Technology and Society (STS) Learning Approach: an Effort to Improve Students’ Learning Outcomes. Jurnal of Physics, 1097, 1‒7.
Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.
Smitha, E. T. & Aruna, P. K. (2014). Effect of Science Technology Society Approach on Achievement Motivation in Biology of Secondary School Students of Kasaragod District. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 19 (4), 54‒58.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyani, N. (2012). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Guided Note Taking pada Mata Diklat Memilih Bahan Baku Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1 (2), 106‒117.
Tirtarahardja, U. & Sulo, La. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Diperoleh 17 Januari 2020 dari https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015.
Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Yoruk, N., Morgil, I., & Secken, N. (2009). The Effects of Science, Technology, Society and Environment (STSE) Education on Students’ Career Planning. US-China Education Review, ISSN 1548-6613, USA, 6 (8), 68‒74.
Yuliani, R. (2017). Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa di MAN 1 Kota Mojokerto. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.