PENGARUH PENYAJIAN MATERI DALAM BENTUK MEDIA KOMIK TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR

Ira Wulandari Suparman, Marlina Eliyanti, Eli Hermawati

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya minat baca siswa terhadap materi pelajaran yang berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kertaungaran. Materi bacaan perlu dibuat menarik, penuh warna, dan gambar yang dapat mengembangkan imajinasi. Bacaan menarik tersebut berupa media komik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan penyajian materi dalam bentuk media komik dengan kelas yang tidak menggunakan penyajian materi dalam bentuk media komik setelah perlakuan, (2) perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan penyajian materi dalam bentuk media komik dengan kelas yang tidak menggunakan penyajian materi dalam bentuk media komik, dan (3) pengaruh penyajian materi dalam bentuk media komik terhadap minat baca siswa kelas III pada pelajaran IPS materi Kerjasama di SDN Kertaungaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Jumlah siswa yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 61 siswa, terdiri dari 31 siswa kelas III A (kelas eksperimen) dan 30 siswa III B (kelas kontrol). Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, hasil belajar siswa sebelum perlakuan tidak jauh berbeda. Namun, setelah perlakuan menggunakan media komik hasil belajar berbeda secara signifikan. Siswa yang belajar menggunakan media komik mengalami peningkatan nilai rata-rata mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar ini juga mempengaruhi minat baca siswa terhadap komik secara positif. Oleh karena itu, guru disarankan menggunakan media komik untuk menarik minat baca siswa terhadap materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Kata Kunci: minat baca; hasil belajar; media komik kerjasama


Full Text:

PDF

References


Aprianto, R. L., & Ningsih, S. D. (2016). Pengaruh media pembelajaran komik terhadap hasil belajar ips materi bencana alam siswa kelas VI sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8 (1), 1189-1249.

Arsyad, Azhar. (2000). Media pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmono. (2001). Manajemen perpustakaan sekolah. Jakarta: Grasindo.

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan komik akidah akhlak untuk meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Islamic Education Journal, 1 (1), 17-26.

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ips kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4 (1), 34-46.

Mayer. (2009). Multimedia learning (prinsip-prinsip dan aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nuryanti, Lusi. (2008). Psikologi anak. Jakarta: Indeks.

Rahim, Farida. (2009). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia.

Winaputra, (2008). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yulia, Anna. (2005). Menumbuhkan minat baca anak. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.