IMPLEMENTASI MULTIMEDIA I-SPRING DENGAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SALAT UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Irwanto Irwanto

Abstract


Capaian hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kurang dari KKM yang ditentukan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam mengenai materi tata cara shalat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jambu dengan sampel 26 orang dan SDN Kampung Baru dengan sampel 26 orang. Hasil penelitian yang didapat adalah 1) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen jika dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, 2) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelompok kontrol jika dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dan 3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan multimedia iSpring dengan kelompok kontrol yang menggunakan PowerPoint. Dengan adanya media yang digunakan dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan.
Kata Kunci: implementasi; multimedia iSpring; PowerPoint; hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Belajar dan mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran (sebuah pendekatan baru). Jakarta: Referensi.

Rahyubi, H. (2016). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Majalengka: Referens.

Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief. (2010). Media pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. (2012). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Surya, Mohamad. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan pembelajaran (teori dan konsep dasar). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suyono & Hariyanto. (2016). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Yamin, M. (2015). Teori dan metode pembelajaran. Malang: Madani.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.