UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGURANGAN DENGAN ALAT PERAGA POHON PENGURANGAN (POHRANG) SISWA KELAS I MI/SD

Fatkhul Arifin, Windi Yanti, Fauzan Fauzan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi pengurangan dengan menggunakan alat peraga Pohon Pengurangan (POHRANG). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas I SDN Sudimara 7 Ciledug. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 kali tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi (evaluasi). Pengumpulan data pemahaman konsep pengurangan atau instrumen yang dipakai pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Tes berupa pengerjaan soal pada setiap siklus, sedangkan non tes berupa observasi dan pengamatan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pengurangan siswa dengan alat peraga Pohon Pengurangan (POHRANG). Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata kelas 81,4 pada siklus I dan 89,7 pada siklus II atau ada peningkatan 8,3 dari rata-rata nilai awal. Dengan demikian dapat disimpulkan bawa pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga Pohon Pengurangan (POHRANG) dapat meningkatkan pemahaman konsep pengurangan siswa. 

Kata Kunci:  media pembelajaran; pohon pengurangan (pohrang); pemahaman konsep.


References


Amir, Z & Risnawati. (2016). Psikologi pembelajaran matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Andini, N., dkk. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran tangram terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi luas dan keliling bangun datar. Jurnal Widyagogik, 7(1), hlm. 27-37.

Febriyanto, B., dkk. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di kelas II sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), hlm. 32-42.

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di SMP negri 1 Itukka. Jurnal MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), hlm. 70-77.

Murdiyanto, T., & Mahatma, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Sarwahita, 11(1), hlm. 38-43.

Nasaruddin. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Jurnal al-Khwarizmi, 3(2), hlm. 21-30.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Rachmawati, Y., Maylasari, I., & Sulistyowati, R. (2018). Potret pendidikan indonesia: statistik pendidikan 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sagala, S. (2011). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Sari, D. P., Nurochmah, N., Haryadi, H., & Syaiturjim, S. (2016). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis melalui pendekatan pembelajaran student teams achivement division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika , 3(1), hlm. 16-22.

Sholihah, D. A. & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTS materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), hlm. 175-185.

Sundayana, R. (2013). Media pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syafitri, O., Rohita & Fitria, N. (2018). Peningkatan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan 1-10 melalui permainan pohon hitung pada anak usia 4-5 tahun di bkb paud harapan bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), hlm. 193-205.

Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B., Atmowidjoyo, S., & Lamatenggo, N. (2018). Pengembangan kurikulum rekayasa pedagogik dalam pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Utari, V., Fauzan, A., & Rosha, M. (2012). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep melalui pendekatan pmr dalam pokok bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), hlm. 33-38.

Wahyuningtyas, D. T., & Raddin, N. S. (2017). Pelatihan media pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum 2013 bagi guru sekolah dasar di gugus 9 kecamatan Sukun Malang. Jurnal Dedikasi, 14, hlm. 8-11.

Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulia, D. S., & Suwarno. (2016). PTK (penelitian tindakan kelas) dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah di SD negeri Kalisube Banyumas. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), hlm. 1-11.

Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Phitagoras, 7(1), hlm. 61-67.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.