ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PKN

Agung Barkah, Tria Mardiana, Muhammad Japar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang dilakukan guru kelas di SD Negeri Sidorejo pada mata pelajaran PKn di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, observasi kepada kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua, serta pencermatan beberapa dokumen pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan merupakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan analisis metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di SD Negeri Sidorejo pada mata pelajaran PKn di masa pandemi Corona/COVID-19. Metode yang digunakan guru diantaranya ceramah melalui voicenote, demonstrasi secara langsung secara terbatas maupun demonstrasi melalui video, pemberian contoh melalui foto, penugasan secara tertulis yang diberikan via WhatsApp maupun siswa atau orang tua mengambil tugas di sekolah, dan praktek yang divideokan dan dikirim melalui aplikasi WhatsApp.

Kata Kunci: metode pembelajaran; pembelajaran daring; pandemi covid-19.


References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula Press.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran umkm. Dutacom, 9 (1), 43-54.

Ardi, M. (2012). Pengaruh pemberian hukuman terhadap disiplin siswa dalam belajar. Jurnal EKSOS, 8 (1), 61 - 72.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryono. (2011). Pengantar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1995). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Ekosiswoyo, R. (2007). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14, 76-82.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jurnal EduTech, 2 (1), 53-64.

Herdiyansyah, H. (2013). Wawancara, observasi, dan focus group sebagai instrumen penggalian data kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juanda, A. (2014). Integrasi ilmu alam (sains) dan agama berbasis kurikulum grass roots di perguruan tinggi islam. Scientiae Educatia, 3(1), 79 - 88.

Kamsinah. (2008). Model dan metode pembelajaran. Lentera Pendidikan, 11(1), 101-114.

Kemdikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Diakses tanggal 2 April 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19.

Murdiono. (2012). Strategi pembelajaran kewarganegaraan berbasis portofolio. Yogyakarta: Ombak.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurkholis. (2019). Dampak pandemi novel-corona virus disiase (covid-19) terhadap psikologi dan pendidikan serta kebijakan pemerintah. Jurnal Pgsd, 6 (1), 41.

Patton, M. Q. (1987). How to use qualitative methods in evaluation. California: Sage Publications.

Prastowo, A. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi mix method. Bandung: CV Alfabeta.

Suparjo, F. D. (2016). Pengaruh pendampingan orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas atas sdn 2 kenteng nogosari tahun ajaran 2015-2016. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Trisnawaty, F., & Slameto. (2017). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi pada siswa kelas 4 sd. Satya Widya, 33(1) 37-44.

Utomo, A. P. (2019). Virus corona diperkirakan muncul di wuhan sejak agustus 2019. Diakses tanggal 2 Maret 2020 dari https://www.kompas.com/global/read/2020/06/09/201844870/virus-corona-diperkirakan-muncul-di-wuhan-sejak-agustus-2019.

Wahyudi, A., Thomas, P., & Setiyani, R. (2012). Pengaruh disiplin kerja, motivasi kerja, dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1-8.

Widodo & Widayanti, L. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas viia mts negeri donomulyo kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32-35.

Winanti, A. (2010). Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar geografi pada sekolah menengah atas di kecamatan gombong kabupaten kebumen. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.