ANALISIS MATERI POKOK BAHASA INDONESIA PADA BUKU AJAR TEMATIK KELAS IV EDISI REVISI 2018

  • Seka Andrean UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Muhammad Sufyan Ats-Tsauri Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurunan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhamad Farizal Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurunan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi dari materi bahasa Indonesia pada buku tematik kelas IV edisi revisi 2018 dengan beberapa aspek yaitu ruang lingkup materi berdasarkan Permendikbud No 21 tahun 2016; HOTS (Higher Order Thinking Skills); 4Cs (creative thinking, critical thinking, communication, & collaboration); literasi membaca-menulis; literasi digital dan analisis karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis analisis wacana pada materi bahasa Indonesia di buku tematik kelas IV edisi revisi 2018. Hasil penelitian ini menunjukan adanya relevansi antara buku tematik kelas IV pada aspek yang sudah disebutkan dengan hasil 48% materi sudah disajikan, keterampilan HOTS belum relevan dengan hasil analisis yakni C3 sebanyak 25 indikator, dan C4 sebanyak 3 indikator, relevansi 4C sudah cukup merata dari 9 tema tersebut, literasi baca-tulis berdasarkan KD telah ditanamkan dengan cukup baik, literasi digital dalam pengembangan KD sudah cukup relevan dengan mengajak siswa untuk melihat sesuatu yang baru yang bersumber dari berbagai media visual teknologi, dan relevansi karakter yang dikembangkan meliputi peduli, disiplin, tanggung jawab, jujur, percaya diri, ketelitian, menghargai, cermat, rasa ingin tahu yang tinggi, dan dapat bekerja sama.

Kata Kunci: relevansi; materi; bahasa indonesia; buku tematik kelas iv.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.

Andriani, D., dkk. (2014). Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cahyani, I. (2012). Modul pembelajaran bahasa indonesia. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dini, H. N. (2018). Hots (high order thinking skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 170-176.

Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: Omera Pustaka.

Mendikbud. (2016). Salinan Lampiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nugraheni, F. (2017). Pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa indonesia dengan materi membaca novel. Jurnal Edudikara, 2(2), 113-125.

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Jakarta: Prenadamedia.

Presiden RI. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.

Safitri, N. M. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui kultur sekolah di smp n 14 yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(5), 173-183.

Samio. (2018). Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Best Journal, 1(2), 36-43.

Samiudin. (2017). Pentingnya memahami perkembangan anak untuk menyesuaikan cara mengajar yang diberikan. Jurnal Studi Islam, 12(1), 1-9.

Setiawati, S. (2019). Analisis higher order thinking skills (hots) siswa sekolah dasar dalam menyelaikan soal bahasa indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni, 2.

Solih, L., dkk. (2019). Indeks aktifitas literasi membaca 34 provinsi. Jakarta: Puslikjakdikbud.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran abad 21 di sd. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439-444.

Published
2020-11-24
Section
Articles