MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI PENGGUNAAN METODE SRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) DI KELAS I SDN 3 MANISKIDUL KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar.Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep keterampilan membaca nyaring. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui penggunaan metode SAS dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN 3 Maniskidul ; (b) mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN 3 Maniskidul ; (c) mengetahui penggunaan metode SAS dapat meningkatkan proses belajar mengajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 3 Maniskidul .Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas I SDN 3 MANISKIDUL Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (65,22%) dan siklus II (91,30%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Struktur Analitik Sintetik (SAS) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 3 MANISKIDUL Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran membaca.
References
ACH Muchlis, MH Munif. 2008. Metode SAS Sebuah Pendekatan Bahasa Indonesia. Surabaya. PT Karya Pembina Swajaya
Anton M.Moeliono. 1998 Psikologi Belajar. Yogyakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suhartini. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta Bumi Aksara.
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra di kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
DEPDIKNAS. 2006. Kurikulum KTSP SK dan KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: BNSP.
Henry,Guntur Tarigan. 1979. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung : Angkasa.
http//Massofa.Wordpress.com/2008/06/29/ Metode SAS Struktural Analitik Sintetik.
Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya
Mulyani Sumantri dan Johan Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.
Mulyono Abdurrachman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan. Karya Ilmiah. Surakarta.
Tim Dosen PGSD. 2011. Pedoman Penulisan skripsi.Bogor.Program Studi PGSD FKIP Universitas pakuan.
Zuchdi D dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Proyek Pengembangan PGSD Dirjen Dikti Dep Dik Bud.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.