MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI PENGGUNAAN METODE SRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) DI KELAS I SDN 3 MANISKIDUL KECAMATAN JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN

Eli Herliani, Cicih Suningsih

Abstract


Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar.Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep keterampilan membaca nyaring. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui penggunaan metode SAS dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN 3 Maniskidul ; (b) mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa kelas I SDN 3 Maniskidul ; (c) mengetahui penggunaan metode SAS dapat meningkatkan proses belajar mengajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 3 Maniskidul .Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas I SDN 3 MANISKIDUL Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (65,22%) dan siklus II (91,30%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Struktur Analitik Sintetik (SAS) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 3 MANISKIDUL Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran membaca.


Full Text:

PDF

References


ACH Muchlis, MH Munif. 2008. Metode SAS Sebuah Pendekatan Bahasa Indonesia. Surabaya. PT Karya Pembina Swajaya

Anton M.Moeliono. 1998 Psikologi Belajar. Yogyakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suhartini. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta Bumi Aksara.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra di kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

DEPDIKNAS. 2006. Kurikulum KTSP SK dan KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: BNSP.

Henry,Guntur Tarigan. 1979. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung : Angkasa.

http//Massofa.Wordpress.com/2008/06/29/ Metode SAS Struktural Analitik Sintetik.

Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya

Mulyani Sumantri dan Johan Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Mulyono Abdurrachman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan. Karya Ilmiah. Surakarta.

Tim Dosen PGSD. 2011. Pedoman Penulisan skripsi.Bogor.Program Studi PGSD FKIP Universitas pakuan.

Zuchdi D dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Proyek Pengembangan PGSD Dirjen Dikti Dep Dik Bud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.