PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR

Eliana Yunitha Seran, Mardawani Mardawani

Abstract


Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 3 tahun 2020 terkait dengan pandemi Covid 19. Masalah umum dalam penelitian ini adalah penguatan nilai karakter dalam proses kegiatan belajar mengajar masa Pandemi Covid-19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar  Masa Pandemi Covid 19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi yang dilakukan kepada guru, siswa, dan orangtua. Dan wawancara yang dilakukan kepada siswa, guru, dan orangtua serta penelaahan beberapa dokumen terkait. Teknis analisa data yang digunakan  adalah teknik analisa data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dan memverifikasi. Kegiatan penelitian ini menghasilkan  penguatan nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19  menguat pada empat nilai karakter yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, dan bertanggungjawab. Sedangkan peran guru sebagai fasilitator, motivator, informator, inisiator, dan evaluator dalam kegiatan belajar mengajar  masa pandemi covid 19 tingkat sekolah dasar di Sintang.  Serta peran orangtua dalam penguatan nilai karakter pada kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 siswa Sekolah Dasar di Sintang yaitu sebagai pendidik, sebagai pendorong, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Hasil dari kegiatan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar kearah yang lebih baik dengan penguatan nilai karakter.

References


Azizah, H. A. (2012). Karakter guru professional. Al Mawardi Prima

Barkah, A., Mardiana, T., Japar, M. (2020). Analisis implementasi metode pembelajaran dalam masa pandemic covid-19 pada materi pelajaran PKn. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7 (2), hlm. 123-136.

Bintoro. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Yogyakarta: Gava Media.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter. Badan Penelitian Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Permendikbud No. 22 tahun 2020. Tantangan standar proses pendidikan sekolah dasar dan mengengah.

Lusiana, M. (2017). Pengembangan karakter kebangsaan berbasis kearifan local sebagai alternative pada pendidikan informal di kabupaten siantang. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganaan, 2 (2), 88-102.

Mardawani. (2020). Praktis penelitian kualitatif, teori dasar dan analisis data dalam perspektif kualitatif. Yogyakarta; CV Budi Utama.

Mustari, Muhammad. (2014). Nilai karakter untuk refleksi pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Salahudin, Anas., & Irwanto, A. (2017). Pendidikan karakter pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa. Bandung: CV Pustaka Sejati.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.

Melinda., & Seran, E. Y. (2019) Studi survei respon siswa dalam pemberian tugas rumah (PR) pada masa pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.

Seren, E. Y. (2015). Gaya belajar siswa sekolah dasar berdasarkan latar belakang etnis (Tionghoa-Dayak) di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 4 (1), 1-7

Sukitman, J. (2021). Kependidikan penguatan nilai karakter bagi siswa sekolah dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmu Ilmu 1, 175-180.

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270-290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Zainal, A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah. Yarama.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.