PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 3 tahun 2020 terkait dengan pandemi Covid 19. Masalah umum dalam penelitian ini adalah penguatan nilai karakter dalam proses kegiatan belajar mengajar masa Pandemi Covid-19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar Masa Pandemi Covid 19 siswa tingkat sekolah dasar di Sintang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi yang dilakukan kepada guru, siswa, dan orangtua. Dan wawancara yang dilakukan kepada siswa, guru, dan orangtua serta penelaahan beberapa dokumen terkait. Teknis analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dan memverifikasi. Kegiatan penelitian ini menghasilkan penguatan nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 menguat pada empat nilai karakter yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, dan bertanggungjawab. Sedangkan peran guru sebagai fasilitator, motivator, informator, inisiator, dan evaluator dalam kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 tingkat sekolah dasar di Sintang. Serta peran orangtua dalam penguatan nilai karakter pada kegiatan belajar mengajar masa pandemi covid 19 siswa Sekolah Dasar di Sintang yaitu sebagai pendidik, sebagai pendorong, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Hasil dari kegiatan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar kearah yang lebih baik dengan penguatan nilai karakter.References
Azizah, H. A. (2012). Karakter guru professional. Al Mawardi Prima
Barkah, A., Mardiana, T., Japar, M. (2020). Analisis implementasi metode pembelajaran dalam masa pandemic covid-19 pada materi pelajaran PKn. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7 (2), hlm. 123-136.
Bintoro. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Yogyakarta: Gava Media.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter. Badan Penelitian Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Permendikbud No. 22 tahun 2020. Tantangan standar proses pendidikan sekolah dasar dan mengengah.
Lusiana, M. (2017). Pengembangan karakter kebangsaan berbasis kearifan local sebagai alternative pada pendidikan informal di kabupaten siantang. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganaan, 2 (2), 88-102.
Mardawani. (2020). Praktis penelitian kualitatif, teori dasar dan analisis data dalam perspektif kualitatif. Yogyakarta; CV Budi Utama.
Mustari, Muhammad. (2014). Nilai karakter untuk refleksi pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.
Salahudin, Anas., & Irwanto, A. (2017). Pendidikan karakter pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa. Bandung: CV Pustaka Sejati.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3.
Melinda., & Seran, E. Y. (2019) Studi survei respon siswa dalam pemberian tugas rumah (PR) pada masa pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.
Seren, E. Y. (2015). Gaya belajar siswa sekolah dasar berdasarkan latar belakang etnis (Tionghoa-Dayak) di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 4 (1), 1-7
Sukitman, J. (2021). Kependidikan penguatan nilai karakter bagi siswa sekolah dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmu Ilmu 1, 175-180.
Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270-290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454
Zainal, A. (2012). Pendidikan karakter di sekolah. Yarama.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.