IMPLEMETASI PROGRAM LITERASI SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK DENGAN MEMANFAATKAN SARANA BACA

Gilang Prayoga, Sunda Tisnasari, Rina Yuliana

Abstract


ABSTRAK

Dalam kehidupan di masa yang akan datang, penguasaan literasi pada generasi muda sangat penting dalam mendukung kompetensi-kompetensi yang dimiliki. GLS mempunyai beberapa tujuan seperti memberantas buta aksara, meningkatkan minat baca, menumbuhkan budaya literasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan literasi di SDN Kadujangkung 2 Kabupatan Pandeglang, mendkripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat kegiatan literasi di SDN Kadujangkung 2 Kabupaten Pandeglang, dan menggambarkan hasil dari pelaksanaan kegiatan literasi di SDN Kadujangkung 2 Kabupatan Pandeglang pada karakter peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan mengggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macam fasilitas membaca seperti perpustakaan sekolah dan pojok baca. Selain dari itu, kerja sama dengan perpustkaan daerah melalui perpustkaan keliling ini dilakukan untuk menambah bahan bacaan bagi peserta didik Di Sdn Kadujangkung 2. Beberapa program mendukung seperti kamis membaca juga dilaksanakan sebagai kegiatan pembiasaan di luar kelas dan membaca 15 menit sebelum pembelajaran merupakan kegiatan pembiasaan yang terjadi di dalam kelas. partisipasi seluruh pihak dalam kegiatan pembiasaan merupakan faktor pendukung dari kesuksesan kegiatan literasi di sekolah, namun jarak yang cukup jauh untuk berkunjung ke perpustkaan daerah termasuk faktor penghambat kegiatan literasi. Aktivitas peserta didik yang terlihat konsisten dalam kegiatan membaca dan mampu mengaplikasikan hasil bacaannya dalam kegiatan di kelas merupakan bukti nyata bahwa kegiatan literasi di sekolah berhasil memberikan dampak terhadap karakter membaca peserta didik.

Kata kunci:  Literasi, baca, karakter

 

LITERACY PROGRAM IMPLEMENTATION AS STRENGTHENING STUDENT CHARACTER BY UTILIZING THE FACILITIES OF READING

ABSTRACT

In life in the future, mastery of literacy in the younger generation is very important in supporting the competencies they have. GLS has several goals such as eradicating illiteracy, increasing interest in reading, fostering a culture of community literacy. This study aims to describe the process of implementing literacy activities at SDN Kadujangkung 2 Pandeglang Regency, describe the supporting factors and inhibiting factors for literacy activities at SDN Kadujangkung 2 Pandeglang Regency, and describe the results of implementing literacy activities at SDN Kadujangkung 2 Pandeglang Regency on the character of students. The approach used in this study is a qualitative approach using data collection techniques through interviews, observation and documentation. The results of this research were carried out by utilizing various kinds of reading facilities such as school libraries and reading corners. Apart from that, cooperation with regional libraries through mobile libraries is carried out to add reading material for students at Sdn Kadujangkung 2. Several supporting programs such as Thursday reading are also carried out as habituation activities outside the classroom and reading 15 minutes before learning is a good habituation activity. happened in class. the participation of all parties in habituation activities is a supporting factor for the success of literacy activities in schools, but the distance is quite far to visit the local library including an inhibiting factor for literacy activities. The activities of students who seem consistent in reading activities and are able to apply the results of their reading in class activities are clear evidence that literacy activities in schools have succeeded in having an impact on students' reading character

.Keywords: Literacy, read, character


References


J.Moleong, Lexy. (2014). Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya,. Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wiedarti, P. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hariyadi, A. B., & Hariyati, N. (2021) Pentingnya Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 8(4).

Haryantini, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Bogor. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 2(2).

Hardi, L. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kampung Aksara Indonesia Terhadap Kegiatan Literasi Membaca Masyarakat Kota Tangerang (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Zulkifli, Z. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) di Perpustakaan SMA Negeri 1 Pangkajene Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makasar.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.