PENINGKATAN MOTIVASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN KEPANJENLOR 3 KOTA BLITAR

Siti Mas'ula, Anisa Wahyu Kusumaningtyas, Novitasari Novitasari, Zulaeka Setya Luky

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh dari tes materi sistem pernapasan yang dilakukan sebanyak 2 kali, terdiri dari pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Sampel terdiri atas siswa kelas V SDN Kepanjenlor 3 sebanyak 18 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode simple random sampling. Hasil penelitian dan pembahasan ditelaah dengan menggunakan SPSS. Pada uji normalitas Shapiro-Wilk, diketahui bahwa nilai signifikansi pretest 0,017 (p < 0,05) maka data memiliki distribusi tidak normal, sedangkan nilai signifikansi posttest 0,124 (p > 0,05) maka data memiliki distribusi normal dan dilanjutkan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Dari uji Wilcoxon Signed Rank Test, didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebanyak 0.003 (p < 0.05), sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru saat mata pelajaran IPA dapat menggunakan model pembelajaran PjBL sebagai pilihan model pembelajaran yang tepat.


References


Bagja Sulfemi, W., Siswanto, Heryadi, T., & Nurfitria Soleh, A. (2020). Model Project Based Learning Berbantu Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Efektif Pada Surat Undangan. Metalingua, 18(2), 271–283.

Cahyaningsih, R. N., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fourth Edi). SAGE.

Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.353

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 157–162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726

Hapsari, D. I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Jurnal Riset Teknologi Dan …, 2(1), 102–112. http://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/155

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Kartini, T. D., Manjilala, M., & Yuniawati, S. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Pangan, 26(2), 201. https://doi.org/10.32382/mgp.v26i2.1231

Muhammad Dhori. (2021). Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 110–124. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-09

Nisah, N., Widiyono, A., Lailiyah, N. N., Pendidikan, P., & Sekolah, G. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.pdf

Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Ramadhani Khija, ludovick Uttoh, M. K. T. (2015). Teknik Pengambilan Sampel. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Siti Mega Farihatun, R., & Usdarti. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499

Siyam, Syarifah Nur Laili, Arlina Nurhapsari, B. B. (2015). PENGARUH STIMULASI PERMAINAN ULAR TANGGA TENTANG GINGIVITIS TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA 8-11 TAHUN Studi terhadap Siswa SD Negeri Kuningan 04, Kecamatan Semarang Utara. ODONTO Dental Journal.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.7204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.