DAMPAK POLA INTERAKSI ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ANAK
Abstrak
ABSTRAK Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi orang tua kepada anak dan bagaimana dampak dalam membangun kepercayaan diri anaknya. Sebuah intraksi penting dalam keluarga terutama antara orang tua dan anak. Harmonis tidaknya suatu interaksi dalam keluarga akan memberikan dampak dalam kepercayaan diri anak. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan teknik pengabsahan data triangulasi sumber yaitu dengan memberikan pertanyaan yang sama terhadap beberapa sumber yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian ada tiga pola interaksi yang digunakan orang tua ketika berinteraksi dengan anaknya. Dari pola interaksi yang digunakan orang tua kepada anak memberikan dua dampak yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positifnya ialah anak memiliki prestasi belajar, optimis, dan kemandirian. Sedangkan dampak negatifnya ialah anak memiliki rasa minder dan pesimis. Kata kunci: Kepercayaan Diri; Pola Interaksi; dampak ABSTRACT This article aims to find out how the interaction patterns between parents and children have an impact on building their children's confidence. An important interaction in the family especially between parents and children. The harmony of an interaction in the family will have an impact on the child's self-confidence. The research method used is descriptive qualitative method, with data collection techniques of observation, interviews and documentation and using data validation technique of source triangulation by asking the same question to several different sources. Based on the results of the study, there are three patterns of interaction that parents use when interacting with their children. From the interaction patterns used by parents to children, it gives two impacts, namely positive and negative impacts. The positive impact is that children have learning achievements, are optimistic, and are independent. While the negative impact is that children have a sense of inferiority and pessimism. Keywords: Confidence; interaction patterns; impactReferensi
Ali, M., & Asrori, M. (2004). Perkembangan Remaja. Penerbit Renaka Cipta.
Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence)
berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3 (2), 156–170.
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2 (2).
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9 (3), 217–226.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.
Departemen Pendidikan Nasional. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Cetakan IV.). Gramedia Pustaka Utama.
Elizabeth, L. (2010). Stop Merokok Sekarang atau Tidak Sama Sekali. Gerai Ilmu.
Fetriana, S., Yuline, Y., & Lestari, S. (2018). Studi Kasus Tentang Siswi Minder Dalam Pergaulan Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Semparuk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7 (4).
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.
Ghufron, M. N & Risnawita, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Ar-ruzz Media.
Izzaty, R.E. (2008). Perkembangan Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal Pendidikan, 1–11.
Lathifah, Z. K., & Yusniar, E. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Tarikolot 06 Bogor. UNES Journal of Education Scienties, 1 (1), 107–115.
Lauster, Peter. (2002). Tes Kepribadian (alih bahasa: DH Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan Ketigabelas. Bumi Aksara.
Muslimah, dkk. (2020). Cara Mudah Membuat Proposal Penelitian. Narasi Nara.
Nurhayati, E. (2018). Psikologi pendidikan inovatif (Vol. 2). Pustaka Pelajar.
Prasetyo, Kustanti, &Nurtjahjanti. (2014). Gambaran Optimisme Pahlawan Devisa Negara (Calon Tenaga Kerja Wanita di BLKLN Jawa Tengah). In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 5, 261–29.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri œX. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7 (1), 43–49.
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6 (1), 1–18.
Roro Raden, Michelle Fabiani, Hetty Krisnani,. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat., 7 (1), 41.
Sahrip. (2017). Pengaruh Interaksi Dalam Keluarga Dan Percaya Diri Anak Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Golden Age, 1 (1).
Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Teknik Cognitive Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3 (1), 14–21.
Sari, D. L., Widiani, E., & Trishinta, S. M. (2019). Hubungan pola pikir pesimisme dengan resiko depresi pada remaja. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4. no 1.
Sidabalok, R. N., Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2019). Optimisme dan self esteem pada pelajar sekolah menengah atas. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 3 (1), 48–58.
Snomwong, A., Gani, R. A., & Kusnadi, E. (2018). Peran Komunikasi Antara Anak dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (Studi terhadap Mahasiswa thailand Di UIN STS Jambi). (Doctoral Dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Sobandi, O., & Dewi, N. (2017). Urgensi Komunikasi dan Interaksi Dalam Keluarga. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2 (1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfa Beta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kombinasi (Mixed Methods). Alfa Beta.
Surawan, S. (2020). Dinamika dalam Belajar (Sebuah Kajian Psikologi Pendidikan). K-Media.
Zulfan Saam, Sri Wahyuni. (2012). Psikologi Keperawatan (1st ed.). RajaGrafindo Persada.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.