IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PROJEK KELAS IV SDN TUNGGULSARI 1 SURAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran projek kelas IV SD N Tunggulsari 1 Surakarta dan kegiatan-kegiatan pada saat terlaksananya pembelajaran projek. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa: (a) observasi; (b) wawancara; dan (c) studi dokumen. Dari data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah-langkah, meliputi (1) mengempulkan data (2) menganalisis data, dan (3) menyimpulkan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif hasil yang didapat yaitu Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran projek kelas IV SD N Tunggulsari 1 Surakarta sendiri dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu pembelajaran projek pada setip mata pelajaran dan projek bagi sekolah. Pembelajaran projek dilaksanakan selama satu tahun pada semester I dan semester II. Untuk pembelajaran projek mata pelajaran meliputi, (1) mata pelajaran seni rupa dengan projek berupa membuat kolase dari pelepah pisang dan membuat tempat pensil dari kardus; (2) mata pelajaran seni tari dengan pembelajaran projek berupa tari; (3) mata pelajaran Bahasa Jawa dengan pembelajaran projek pengenalan makanan tradisional kepada peserta didik; dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pembelajaran projek berupa membuat poster berupa iklan salah satu prodak.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Projek; Sekolah Dasar
ABSTRACT
This research aims to find out the implementation of the Independent Curriculum in class IV project learning at SDN Tunggulsari 1 Surakarta and the activities during project learning. Data collection techniques used in this study are in the form of: (a) observation; (b) interviews; and (c) document study. From the data that has been collected then analyzed by steps, including (1) collecting data (2) analyzing the data, and (3) concluding the data. The method used in this research is descriptive qualitative. The results obtained are the Implementation of the Independent Curriculum in class IV project learning at SD N Tunggulsari 1 Surakrta itself is divided into two activities, namely project learning in each subject and projects for schools. Project learning is carried out for one year in semester I and semester II. For project learning the subjects include, (1) fine arts subjects with projects in the form of making collages from banana stems and making pencil cases from cardboard; (2) dance subjects with project learning in the form of dance; (3) Javanese language subjects with project learning of the introduction of traditional foods to students; and in Indonesian subjects with project learning in the form of making posters in the form of advertisements for one product.
Keywords: Independent Curriculum; Project Learning; Elementary School
References
Septiana, Ayu Rizki., Moh. Hanafi (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Jong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380-385. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832
Rahmadayanti, Dewi., Agung Hartoyo. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(5), 7174-7178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2(2), 1–8. https://literasidigital.my.id/ipmas/article/view/228
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.
Desi, N. A. S. dkk. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ: Pancasakti Science Education Journal, 2 (2), 114-124. http://e-journal.ups.ac.id/index.php/psej
Pratiwi, Eka Titik., Eunice Widyanti Setyaningtya. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Model Pembelajaran Project-Based Learning. JURNAL BASICEDU, 4(2), 379-388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Silitonga, Rahmat Kartolo. (2021). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Novel Mariposa Karya Luluk HF. Jurnal Ilmiah Simantek, 5 (3), 172-178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Sumarsih, Ineu. dkk. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(5), 8248-8258. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Dewa, Ayu. dkk. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 2430250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Mariani, Lia., Anggi, Giri Prawiyogi. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Al- Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1): 8-12.
Lestari, Nila. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa StabatLlama Langkat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1): 13-23.
Primayana, Kadek Hengki. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. PURWADITA: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1): 91-100. https://doi.org/10.55115/purwadita.v4i1.544
Atika, Rosta, Agung. (2018). Iklan Layanan Masyarakat Peduli Sampah. Jurnal Proporsi, 3(2): 188-197. http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.3.2.2018.188-197
Sandi, Noviea Varahdilah. (2018). Pembelajaran Seni Tari TradisionaldiSsekolah Dasar. Jurnal Dialetika Jurusan PGSD, 8(2): 147-161.
Hidayati, Naning. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerekal di Er Digital.JET: Journal of Education and Teaching, 4(1): 69-82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200
Copyright (c) 2023 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.