PENGEMBANGAN BIG KOMIK TEMATIK INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KARAKTER GOTONG ROYONG MATERI SIFAT SIFAT CAHAYA BAGI SISWA KELAS 4

kiki ratnaning arimbi, Tatag Yuli Eko Siswono, Sendi Ramdhani

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas dan karakter gotong royong materi sifat sifat cahaya dengan menggunakan media big komik tematik integratif. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Addie. Proses pengembangan big komik tematik integratif untuk meningkatkan kreativitas dan karakter gotong royong materi sifat sifat cahaya bagi siswa kelas 4 adalah dengan model addie (analisis, design, develop, implement, evaluate). Analisis kebutuhan siswa yang menyukai komik, hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan siswa yaitu 95% menyukai komik, desain dari big komik tematik integratif dibuat mejadi 4 komik dengan sifat sifat cahaya yang berbeda. Masing masing komik menampilkan tugas proyek sifat cahaya yang berbeda, hal ini memudahkan kelompok focus pada sifat cahaya pada komik yang dipelajari. Pengembangan big komik integratif ini dilengkapi dengan lembar aktifitas dan memuat materi sifat sifat cahaya jadi tidak hanya komik humor atau cerita biasa, namun bermuatan materi pembelajaran. Implementasi big komik tematik integratif dilakukan dalam dua tahap, uji coba kelompok kecil dan tahap kedua uji coba kelompok besar. Data pada ujicoba tahap ini diperoleh melalui angket yang diberikan pada guru dan siswa. Hasilnya layak untuk diterapkan sehingga tidak perlu dilakukan revisi. Uji coba kedua juga dinyatakan sangat layak. Evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi formatif Kelayakan big komik tematik integratif untuk meningkatkan kreativitas dan karakter gotong royong materi sifat sifat cahaya bagi siswa kelas 4 di SDN Jombatan III Ngoro Jombang ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan. bahwa big komik tematik integratif berada pada kriteria valid, praktis dan efektif. Validitas dapat dilihat dari prosentase validitas ahli media sebesar 93%  dan validitas ahli materi sebesar 93% Serta validitas ahli bahasa sebesar 94, 28 %. Kepraktisan mendapatkan nilai prosentase sebesar 85% yang didapatkan dari angket siswa. Big komik tematik integratif untuk meningkatkan kreativitas dan karakter gotong royong materi sifat sifat cahaya bagi siswa kelas 4 dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Dari hasil tersebut diketahui bahwa adanya peningkatan gotong royong dan kreativitas siswa setelah menggunakan big komik tematik integrative. Data kualitatif digunakan untuk melihat bagaimana komik mempengaruhi kreativitas dan karakter gotong royong dengan menggunakan wawancara. Dari hasil wawancara kepada siswa yang menggunakan big komik tematik integratif  hasil pengembangan menunjukkan bahwa big komik tematik integratif dapat meningkatkan kreativitas dan karakter gotong royong siswa.

Kata kunci:  big komik tematik integratif, sifat sifat cahaya, kreativitas, gotong royong

 

DEVELOPMENT OF INTEGRATIVE THEMATIC BIG COMICS TO IMPROVE CREATIVITY AND COLLABORATIVE CHARACTER MATERIAL PROPERTIES OF LIGHT FOR CLASS 4 STUDENTS

 

ABSTRACT

This development research aims to describe the increase in creativity and the character of cooperation in the material properties of light using the integrative thematic big comic media. Development research was carried out using the Addie model. The process of developing integrative thematic big comics to increase creativity and mutual cooperation in the material properties of light for grade 4 students is the Addie model (analyze, design, develop, implement, evaluate). Analysis of the needs of students who like comics, this is known from the results of interviews with students, namely 95% like comics, the design of integrative thematic big comics is made into 4 comics with different light properties. Each comic presents a different project task on the nature of light, this makes it easier for the group to focus on the nature of light in the comic being studied. The development of this integrative big comic is equipped with an activity sheet and contains material on the properties of light so it's not just humorous comics or ordinary stories, but contains learning matIntegrative thematic big comics were implementedied out in two: small, small group trials and the second stage large group trials. The data at this stage of the trial were obtained through a questionnaire given to teachers and students. The results are feasible to apply so no revision is needed. The second trial was also declared very feasible. The evaluation carried out was a formative evaluation of the feasibility of integrative thematic big comics to increase creativity and mutual cooperation character on the nature of light for grade 4 students at SDN Jombatan III Ngoro Jombang in terms of validity, practicality and effectiveness. that integrative thematic big comics are in the valid, practical and effective criteria. The validity can be seen from the percentage validity of media experts by 93% and the validity of, and 93% and the validity of linguists by 94.28%. Practicality gets a percentage value of 85% which is obtained from a student questionnaire. Big thematic integrative comics to increase creativity and mutual cooperation character on the nature of li students seposttest resultshe results of the pre-test and post-test. From these results it is known that there is an increase in mutual cooperation and student creativity after using integrative thematic big comics. Qualitative data is used to see how comics affect creativity and the character of mutual cooperation by using interviews. From thThes of interviews with students who use integrative thematic big comics, the rhat integrative thematic big comics can increase the creativity and mutual cooperation character of students.

Keywords: integrative thematic big comic, nature of light, creativity, cooperation

 


References


Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran (A. Rahman (ed.); Revisi). Raja Grafindo Persada.

Azizah, N., Putri, D. P., & Setiyani, S. (2020). Pengembangan media scrapbook pada materi bentuk dan fungsi tubuh pada hewan dan tumbuhan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 99–110. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3564.Diajukan

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. SpringerLink.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran (Ke 2 Revis). Gava Media.

Defingatun, Sutaryono, & Widagdo, A. (2020). Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis TAI Pada Muatan IPS. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 182–189.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMIK DENGAN MEDIA FLIPBOOK MAKER DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 3(November), 42–47.

Faizah, U. (2009). KEEFEKTIFAN CERITA BERGAMBAR UNTUK PENDIDIKAN NILAI DAN KETERAMPILAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Cakrawala Pendidikan, 28(3), 249–256. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.302

Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Karmiani, S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 TELUK KUANTAN. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514

Khasanah, I. M., Nurhidayat, M., & Ferawati, F. (2019). Studi Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran Komik dengan Media Modul Pembelajaran pada Metode Resitasi Pada Hasil Belajar Fisika SMA. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12(2), 61–69. https://doi.org/10.37729/radiasi.v12i2.53

Kurnia Wardani, T. (2013). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 4(2), 230–243. https://doi.org/10.15294/komunitas.v4i2.2418

Kurniati, L. (2017). Pembelajaran Kontekstual Open Ended Problem Solving Dengan Komik Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 34–41.

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843

Maharsi, I. (2011). Komik, Dunia Kreatif Tanpa Batas. Kata Buku.

muhammad wafiq arzaaq salam. (2021). pengembangan komik pembelajaran berbasis inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas iv sekolah dasar [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/161930%0A

Mujawal, W. A., Bani, A., & Nani, K. La. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–14.

Nana Sudjana, A. R. (2011). Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya) (10th ed.). Sinar Baru Algensindo,.

Nugraha, E. A., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2012). Pembuatan bahan ajar komik sains inkuiri materi benda untuk mengembangkan karakter siswa kelas IV SD. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 60–68.

Ozdemir, N. K. (2019). Qualitative exploration of career adaptability of Turkish adolescents. Australian Journal of Career Development, 28(2), 83–91. https://doi.org/10.1177/1038416218821451

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Ramadhani, W. P. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss2pp77-86

Ramdhani, S. I., Magfirah, N., & Hambali, H. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 2 GOWA. Binomial, 3(1), 15–25. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.480

Riduwan. (2013). Dasar-dasar statistika (P. D. Iswara (ed.); Revisi). Alfabeta.

Sari, A. L. (2018). Pengembangan Media Komik dan Kartu Disiplin pada Pembelajaran Karakter Tema 6 Kelas 3Sekolah Dasar Negeri Salatiga 09 [Universitas Kristen Satya Wacana]. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/19089

Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 1–10.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196

Wahyudi, A. (2010). Model Pembelajaran Berbasis Komik Untuk Mencapai Ranah Afektif Pada Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(7), 43–52. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i7.507

Wardana, A. (2018). PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGAPRESIASI CERITA ANAK PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.