PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Vivi Meidina Amalia, Sulthon Masyhud, Suparti Suparti

Abstract


Pendidikan adalah suatu pondasi bagi seseorang untuk bekal masa depanya. Dimulai dari pendidikan dasar yang harus ditempuh sampai dengan dilanjutkan pendidikan tinggi.Dalam sebuah pendidikan khusunya pada sekolah dasar proses pembelajaran menentukan keberhasilan untuk tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Dengan melibatkan sebuah media pembelajaran tentunya akan menjadikan sebuah proses belajar mengajar akan lebih menarik dan bermakna terhadap siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan Model Penelitian Borg & Gall dengan tujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sidowarek 2 Ngoro Jombang. Penelitian ini berlangsung secara tatap muka,pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengembangan Media Big Book pada pembelajaran Sub Tema Manusia dan Lingkungan ini dikembangkan dengan menggunakan tahapan penelitian R&D Model Borg & Gall yang terdapat sepuluh tahap pengembangan.

Kata kunci:  Pembelajaran, Big book, dan Siswa.

 

DEVELOPMENT OF BIG BOOK LEARNING MEDIA IN HUMAN AND ENVIRONMENTAL SUB THEME LEARNING TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF CLASS V IN ELEMENTARY SCHOOLS

 

ABSTRACT

Education is a foundation for a person to prepare for his future. They are starting from basic education that must be taken up to continuing higher education. In education, especially in elementary schools, the learning process determines the success of achieving a learning goal. By involving a learning media, of course, it will make the teaching and learning process more interesting and meaningful to students. This research is a type of development research with the Borg & Gall Research Model to improve the learning outcomes of fifth-grade students in elementary schools. The subjects of this study were fifth-grade students at SDN Sidowarek 2 Ngoro Jombang. This research takes place face-to-face in the even semester of the 2022/2023 school year. The development of Big Book Media in learning the Human and Environment Sub Themes was developed using the Borg & Gall Model R&D research stages which contained ten stages of development.

Keywords: Learning, Big book, and Students


References


Achmad Munib, Budiono, S. S. (2009). Pengantar ilmu pendidikan (Cetakan 6). Universitas Negeri Semarang.

Achyani, A. (2010). Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Ekosistem Persawahan Dengan Model Penulisan Buku Ajar Biologi Sma Berwawasan Lokal Dan Ekologi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(2). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i2.192

Asep Jihad, A. H. (2008). Evaluasi pembelajaran (Cetakan ke). Multi Pressindo.

Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554.

Daradjat, Z. (2011). Ilmu Pendidikan Islam (Edisi Ke 1). PT Bumi Aksara.

HUDA, M. (2015). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kaligis, J. R. E., & Darmodjo, H. (1992). Pendidikan IPA 2. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kardillah, R. I., & Syamsudduha, S. (2022). Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah PERBANDINGAN MEDIA DIORAMA DAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V. 04(17), 42–51.

Lestari, M. A., Elianti, M., & Permana, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Penanaman Nilai-Nilai Moral Siswa SD Kelas Rendah. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 04(02), 134–144.

Munir, A. (2010). PENDIDIKAN KARAKTER MEMBANGUN KARAKTER ANAK SEJAK DARI RUMAH. PEDAGOGIA.

Nana Sudjana, A. R. (2011). Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya) (10th ed.). Sinar Baru Algensindo,.

PENDIDIKAN, B. S. N. (2010). PARADIGMA PENDIDIKAN NASIONAL ABAD XXI. BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN.

Permatasari, A. N., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2018). Kemampuan Abstraksi Anak Usia Dini mengenai Topik Astronomi dengan Media Big Book. Educhild, 7(1), 1–7.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu : Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru (Cetakan Ke). Ghalia Indonesia.

Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo, R. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Rajawali pers.

Sanaky, H. A., & Faizah. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Kaukaba Dipantara.

Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia.

Usaid. (2014). Pembelajaran Literasi Kelas Awal. Buku Sumber Bagi Dosen LPTK, 5.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.