REPRESENTASI MATEMATIS PADA SOAL NON-RUTIN MATERI SEGIEMPAT

Indah Rahmasari, Ely Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal non-rutin materi segiempat. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMP yang berjumlah 5 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa instrumen tes dan wawancara. Soal tes yang diberikan berupa soal tes non-rutin dengan materi segiempat yang mengarah pada indikator representasi matematis yang berjumlah 3 soal esai. Wawancara yang digunakan pada penelitian ini merupakan wawancara semi terstuktur. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan yaitu representasi matematis yang dikuasai siswa saat menyelesaikan soal adalah representasi visual. Hampir semua siswa dapat mendeskripsikan masalah tersebut. Sedangkan representasi yang paling sedikit dikuasai siswa adalah representasi kata Beberapa siswa tidak dapat menuliskan yang diketahui dari soal dan menyimpulkan hasil jawaban. Sehingga representasi kata masih tergolong rendah.

Kata kunci: Representasi Matematis, Non-Rutin, Segiempat

 

MATHEMATICAL REPRESENTATIONS ON NON-ROUTINE RECTANGULAR PROBLEMS

 

ABSTRACT

This study aims to determine and describe the mathematical representation abilities of junior high school students in solving non-routine questions on rectangular material. The subjects of this study were 5 junior high school students. The method used is descriptive qualitative approach. The instruments used in this research are tests and interviews. The test questions given are in the form of non-routine test questions with rectangular material that leads to indicators of mathematical representation, totaling 3 essay questions. The interview used in this study was a semi-structured interview. Data analysis techniques used in this study consisted of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study as a whole, namely the mathematical representation that is mastered by students when solving problems is a visual representation. Almost all students can describe the problem. While the representation that is least mastered by students is word representation. Some students cannot write down what is known from the questions and conclude the results of the answers. So that the word representation is still relatively low.

Keywords: Mathematical Representations, Non-Routine, Rectangular


References


Aryanti, D., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan representasi matematis menurut tingkat kemampuan siswa pada materi segi empat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/812

Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 14-24. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2024

Firmansyah, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2291

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093-1104. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7314

Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv2n1_15

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/7960

Nurpadilah, E., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Representasi Matematik Pada Materi Segi Empat Siswa Smp Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 765-772. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1379

Rahayu, D., Kartini, K., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran discovery learning pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP/MTS. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 47-60. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/8482

Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi segi empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1169-1180. Retrieved from https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7809

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. Retrieved from http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/49

Simangunsong, D. (2022). Studi Literatur Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 8-15. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JFi/article/view/40675

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: jurnal tadris matematika, 10(1), 51-69. Retrieved from http://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/101

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/984

Suryowati, E. (2015). Kesalahan siswa sekolah dasar dalam merepresentasikan pecahan pada garis bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved from https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/67




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.