REPRESENTASI MATEMATIS PADA SOAL NON-RUTIN MATERI SEGIEMPAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal non-rutin materi segiempat. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMP yang berjumlah 5 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa instrumen tes dan wawancara. Soal tes yang diberikan berupa soal tes non-rutin dengan materi segiempat yang mengarah pada indikator representasi matematis yang berjumlah 3 soal esai. Wawancara yang digunakan pada penelitian ini merupakan wawancara semi terstuktur. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan yaitu representasi matematis yang dikuasai siswa saat menyelesaikan soal adalah representasi visual. Hampir semua siswa dapat mendeskripsikan masalah tersebut. Sedangkan representasi yang paling sedikit dikuasai siswa adalah representasi kata Beberapa siswa tidak dapat menuliskan yang diketahui dari soal dan menyimpulkan hasil jawaban. Sehingga representasi kata masih tergolong rendah.
Kata kunci: Representasi Matematis, Non-Rutin, Segiempat
MATHEMATICAL REPRESENTATIONS ON NON-ROUTINE RECTANGULAR PROBLEMS
ABSTRACT
This study aims to determine and describe the mathematical representation abilities of junior high school students in solving non-routine questions on rectangular material. The subjects of this study were 5 junior high school students. The method used is descriptive qualitative approach. The instruments used in this research are tests and interviews. The test questions given are in the form of non-routine test questions with rectangular material that leads to indicators of mathematical representation, totaling 3 essay questions. The interview used in this study was a semi-structured interview. Data analysis techniques used in this study consisted of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study as a whole, namely the mathematical representation that is mastered by students when solving problems is a visual representation. Almost all students can describe the problem. While the representation that is least mastered by students is word representation. Some students cannot write down what is known from the questions and conclude the results of the answers. So that the word representation is still relatively low.
Keywords: Mathematical Representations, Non-Routine, Rectangular
References
Aryanti, D., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan representasi matematis menurut tingkat kemampuan siswa pada materi segi empat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/812
Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 14-24. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2024
Firmansyah, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2291
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1093-1104. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7314
Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv2n1_15
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/7960
Nurpadilah, E., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Representasi Matematik Pada Materi Segi Empat Siswa Smp Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 765-772. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1379
Rahayu, D., Kartini, K., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran discovery learning pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP/MTS. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 47-60. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/8482
Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi segi empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1169-1180. Retrieved from https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7809
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. Retrieved from http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/49
Simangunsong, D. (2022). Studi Literatur Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 8-15. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JFi/article/view/40675
Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: jurnal tadris matematika, 10(1), 51-69. Retrieved from http://www.jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/101
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/984
Suryowati, E. (2015). Kesalahan siswa sekolah dasar dalam merepresentasikan pecahan pada garis bilangan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1). Retrieved from https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/67
Copyright (c) 2023 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.