ANALISIS PELANGGARAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 2 INDRALAYA UTARA

Mazda Leva Okta Safitri, Agnes Adelia Putri, Marwan Pulungan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran-pelanggaran kedisiplinan belajar peserta didik yang terjadi di kelas VI SD Negeri 2 Indralaya Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI dan juga wali kelas VI. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 2 Indralaya Utara masih sangat rendah dan perlu ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pelanggaran kedisiplinan belajar yang masih terjadi di SD Negeri 2 Indralaya. Upaya yang telah dilakukan oleh guru untuk mengatasi pelanggaran kedisiplinan belajar peserta didik yaitu dengan menyadari peserta didik akan kesalahannya, selanjutnya memberikan teguran kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran dan dilanjutkan dengan pemberian tindak lanjut terhadap pelanggaran yan telah dilakukan agar tidak dilanggar kembali.

Kata kunci:  Pelanggaran; Kedisiplinan Belajar; Peserta Didik

 

ABSTRACT

This research aims to analyze student learning discipline violations that occur in class VI of SD Negeri 2 Indralaya Utara. The type of research used is qualitative with qualitative descriptive methods. The research subjects were class VI students and also class VI homeroom teachers. Data collection in this research used observation, interview, and documentation techniques. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the learning discipline of class VI students at SD Negeri 2 Indralaya Utara is still very low and needs to be improved. This can be seen from the many learning discipline violations that still occur. Efforts made by teachers to overcome violations of student learning discipline are by making students aware of their mistakes, then giving warnings to students who commit violations, and continuing with providing follow-up actions to violations that have been committed so that they are not violated again.

Keywords:Violation; Discipline; Learners


References


Lestari, N. E. I., Murtono, & Purbasari, I. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SDIT Hidayatullah Di Desa Daren Selama Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1221–1228.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1–9.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127–144. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6777

Sendayu, R., Masrul, M., & Kusuma, Y. Y. (2020). Analisis Pelanggaran Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sd Pahlawan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 217–224. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1219

Suciyati, S., & Mukhlishina, I. (2022). Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Landungdari 1 Kota Malang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 110–118. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2799

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019a). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.7797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.