SOSIAL KONSTRUKTIVISME DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK UNTUK TUJUAN PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN

Ati Mustikasari, Emi Amelia, Khoirun Nisa Bahri, Tri Septiar Syamfithriani, Neti Budiwati

Abstract


Sistem pembelajaran abad 21 menekankan pada peran aktif peserta didik, yang dianggap sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang relevan dalam konteks ini adalah media sosial TikTok. Media sosial memiliki fitur yang mempermudah proses pembelajaran dan interaksi antara dosen dan peserta didik. Penggunaan media sosial  TikTok, sebagai media pembelajaran memiliki dampak besar pada proses dan hasil pembelajaran, terutama bagi generasi Z yang terbiasa dengan media sosial. Penggunaan media sosial ini sejalan dengan upaya P21 dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. TikTok menjadi platform yang populer dengan lebih dari 500 juta unduhan dan memiliki banyak pengguna di Indonesia. Penggunaan TikTok dalam pembelajaran generasi Z di abad ke-21 terkait dengan literasi digital dan penggunaan media sosial. Dalam konteks ini, konstruktivisme sosial menjadi landasan teori yang relevan. Konstruktivisme sosial menekankan peran interaksi sosial, kolaborasi, dan partisipasi aktif dalam pembentukan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan TikTok sebagai alat komunikasi antara dosen dan mahasiswa di luar sesi kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, studi kasus, dan analisis konten. Sampel penelitian terdiri dari 60 mahasiswa Prodi Sistem Informasi FKOM-UNIKU yang mengambil mata kuliah Literasi Teknologi. Hasil penelitian diharapkan dapat mengungkap pengembangan konstruksi sosial mahasiswa melalui penggunaan TikTok dalam pembelajaran, serta efektivitas TikTok sebagai media alternatif untuk konsultasi materi dan tugas mahasiswa. Penggunaan TikTok dalam pendidikan dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik, kolaboratif, dan relevan dengan kehidupan mahasiswa saat ini.


References


Asidiq; Hasbi, M. (2023). Indonesia Menjadi Salah Satu Negara dengan Pengguna Tiktok Terbesar di Dunia, Apa Kemungkinan Dampaknya.

Dewi Ratna Simanjuntak, M. (2019). Membuat Keterampilan 4C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Negeri Medean Vol.3, 921–929.

Jing, M. A. M. N. H. F. (2017). Social Constructivism In Social Media : facebook for teaching and learning purposes. Malaysian Online Journal of Education, 1(2), 59–67.

Patton;, M. (2 C.E.). Qualitative Research and Evaluation Methods: Integrating and Practie. Fourth Edition, 4.

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Rahardaya, A. K., & Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 308–319. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.248

Zulfikar, F. (2022). Top! Guru SD di Bandung Barat Ini Gunakan Tik Tok sebagai Media Belajar.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.7913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.