PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION DAN INTELECTUALLY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI MANGGARI

Nurhayati Nurhayati, Nana Sutarna

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui tentang penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Vissualization, dan Intellectually) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Manggari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design yaitu dua kelas, yang dimana kelas Eksperimen (SD Negeri Manggari yang diberi perlakuan) terdiri dari 28 siswa dan kelas kontrol  (SD Negeri 2 Kertawangunan  tanpa diberi perlakuan) terdiri dari 25 siswa. Data dikumpulkan melalui Pretest dan Posttest. Hasilnya yaitu, hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPS sebelum adanya penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Vissualization, dan Intellectually) di kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai sebesar 56,1, sedangkan hasil belajar peserta didik kelas IV setelah adanya penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Vissualization, dan Intellectually) di kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai sebesar 86,2. Adapun di kelas kontrol, hasil belajar peserta didik sebelum pembelajaran konvensional berlangsung, peserta didik mendapatkan nilai sebesar 52,7, sedangkan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran konvensional berlangsung mendapatkan rata-rata nilai sebesar 61,7dari hasil perhitungan tersebut nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dengan hal tersebut, hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPS kelas IV pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Vissualization, dan Intellectually) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Manggari.
Kata kunci:  Hasil Belajar, Model Pembelajaran SAVI

ABSTRACT

This research was motivated by the low learning outcomes of students. The purpose of this study is to find out about the application of the SAVI Learning Model (Somatic, Auditory, Vissualization, and Intellectually) in improving the learning outcomes of students in grade IV social studies subjects at SD Negeri Manggari. This study used a quantitative approach, using an experimental method with a Quasi-Experimental Nonequivalent Control Group Design design, namely two classes, where the Experimental class (SD Negeri Manggari which was given treatment) consisted of 28 students and the control class (SD Negeri 2 Kertawangunan without treatment) consisted of 25 students. Data is collected through Pretest and Posttest. The result is that the learning outcomes of grade IV students in social studies subjects before the application of the SAVI Learning Model (Somatic, Auditory, Vissualization, and Intellectually) in the experimental class get an average score of 56.1 while the learning outcomes of grade IV students after the application of the SAVI Learning Model (Somatic, Auditory, Vissualization, and Intellectually) in the experimental class received an average score of 86.2. As for the control class, the learning outcomes of students before conventional learning took place, students got a score of 52.7, while the learning outcomes of students after conventional learning took place got an average value of 61.7 from the calculation results the average value of the experimental class was better than the control class. With this, the results of this study showed an increase in class IV social studies learning outcomes in experimental and control classes. So it can be concluded that the SAVI Learning Model (Somatic, Auditory, Vissualization, and Intellectually) can improve the learning outcomes of students in grade IV social studies subjects at SD Negeri Manggari.

Keywords: Learning Outcomes, SAVI Learning Models


References


Al Ashri, A.A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaram SAVI (Somatic, auditory, Visual, Intelectual) Terhadap Hasil Belajar IPS di Kelas V SDN 112312 Simpang Empat. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Mutiaranisa, V. (2018). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Ciloa Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Sekolah Tinggi dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan.

Octavia, S. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Putri, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Terhadp Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas VII di SMPN 04 Tulang Bawang Tengah.

Rahayu, A. dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4 (2), 102-111.

Ramdhani,E P. dkk. (2020). Efektivitas Modul Elektronik Terintegrasi multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology. 6 (1).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Tarigan,J.N. dkk (2020). Multimedia Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Tematik Kelas V. Indonedia Journal Of Instruction, 1 (2).

Fitriyani, Y. dkk (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata pelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 2 (1).




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i2.8292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.