PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA

  • Eryna Yulianaristin UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Agnita Siska Pramasdyahsari Pendidikan Profesi Guru, Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang
  • Espiyati Espiyati SDN Gayamsari 02 Semarang
  • Qoriati Mushafanah Pendidikan Profesi Guru, Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkonfirmasi peningkatan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilakukan dengan empat tahapan yaitu siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas I A dengan sampel yang dipilih secara purposive berdasarkan rendahnya kemampuan membaca siswa. Topik penelitiannya adalah kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari ujian lisan, lembar checklist, dan lembar observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa Kelas I A SDN Gayamsari 02 Semarang. Angka ketuntasan siswa meningkat dari 46% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Peningkatan persentase yang signifikan dari Siklus I ke Siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dapat secara efektif meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I A SDN Gayamsari 02 Semarang.

Kata kunci: kemampuan; membaca; kartu kata

References

Ason dan Dasmawarti.(2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 08 Muara Pawan Kabupaten Ketapang. Jurnal Pendidikan Dasar,9(2),316–325.

https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/552/417.

Asra, S. (2020). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Astuti, W.A.,Drupadi R., Syafrudin U., (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Kindergarten. 4(1), 73- 81.

https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/11958.

Ayunopiasari.(2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 melalui Media Kartu Huruf di SD Negeri Gandekan Surakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1),9364-9367.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2480.

Kustandi, C. dan Darmawan D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Marinda, Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152.

https://media.neliti.com/media/publications/340203-teori perkembangan-kognitif jean-piaget-00d2756c.pdf.

Max Ki. (2023). Media Pembelajaran Adalah. Diakses tanggal 20 Februari 2024 dari https://umsu.ac.id/berita/media-pembelajaran-adalah/.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.

Parnawi, A. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Susanti, S., Waridah, W., dan Kartini, K. (2021). Penerapan Metode Bermain Kartu Huruf Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di TK Tunas Jaya. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–5.

https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/MKJPAUD/article/view/466

Suyatno, Undi. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kartu, Jurnal Ilmu Dasar, 1(1), 31–40.

https://ejournal.unma.ac.id/index.php/ra/article/view/2596/1582.

Published
2024-05-31
Section
Articles