INTERNALISASI NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai karakter pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler Pramuka di sekolah. Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif untuk mengidentifikasi peran kegiatan Pramuka sebagai instrumen pembentukan karakter di SDN Pekuncen 02. Pengumpulan data melalui data primer diperoleh melalui serangkaian teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui analisis dokumen seperti profil sekolah, visi, dan misi sekolah, program-program pramuka gugus depan. Keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi sumber dan metode untuk memastikan keandalan dan kevalidan hasil penelitian, kemudian dianalisis secara teliti melalui proses pengumpulan data, reduksi, display data dan verifikasi untuk di simpulkan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaaan siswa dibentuk untuk memiliki karakter yang mencakup nilai-nilai karakter seperti kerjasama, kerja keras, kemandirian, disiplin, dan kepedulian terhadap sesama. Pembelajaran ekstrakurikuler pramuka di sekolah menggunakan banyak metode pembelajaran yang menggabungkan antara belajar dan bermain sehingga kegiatan Pramuka menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga internalisasi karakter pada kegiatan pramuka menjadi lebih efektif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: internalisasi; nilai karakter; ekstrakurikuler pramuka.
References
Afdal, A., & Widodo, H. (2019). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di Sd Negeri 004 Samarinda Utara Tahun 2019. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 68–81.
Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh kegiatan pramuka terhadap karakter siswa madrasah ibtidaiyah di era digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26–38.
Annisa, R., Muttaqin, M. F., & Fitriyani, F. N. (2023). PENERAPAN NILAI KARAKTER BERSAHABAT TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 78–86.
Arthur, J. (2019). The formation of character in education: From Aristotle to the 21st century. Routledge.
Bhagaskara, A. E., Putra, E. M., Afianah, V. N., & Alfin, J. (2021). Penerapan pembelajaran berbicara berbasis pendidikan karakter di SD Yapita Surabaya. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).
Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahliyana, A. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1).
Faradiba, A. T., & Royanto, L. R. M. (2018). Karakter disiplin, penghargaan, dan tanggung jawab dalam kegiatan ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93–98.
Fiala, A. (2024). Critical Character Education: Whose Character? Which Virtues? Interchange, 1–21.
Fortuna, D., Muttaqin, M. F., & Amrina, P. (2023). Integrasi Karakter Peduli Lingkungan Dalam Program Sekolah Adiwiyata di SDN Cipondoh 5. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2088–2100.
Fowers, B. J. (2018). THE PROMISE AND PERILS OF PROTOTYPING: Can We (and Should We) Define Character Education? Journal of Character Education, 14(2), 41–47.
Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201–210.
Hero, H. (2021). Implementasi Kegiatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Boru Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 308–314.
Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160.
Kasim, M., & Nuryant, W. (2014). Konsep dan implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kristiono, N., Wiratomo, G. H., & Alfira, H. N. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al-Asror Semarang). Harmony, 4(1), 13–18.
Kurniawan, S., & Fitriyani, F. N. (2023). Thomas Lickona’s Idea on Character Education Which Builds Multicultural Awareness: Its Relevance for School/Madrasah in Indonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 33–53.
Laksono, F. (2018). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan dan kemandirian siswa. Joyful Learning Journal, 7(1), 70–78.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2020). JS. Qualitative data analysis a methods Sourcebook fourth edition. Fourth edi. SAGE Publications.
Muhaemin, M., & Ihwah, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Religius Pada Anggota Pramuka. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 111–120.
Muttaqin, M. F., Raharjo, T. J., & Masturi, M. (2018). The implementation main values of character education reinforcement in elementary school. Journal of Primary Education, 7(1), 103–112.
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959.
Nurhidayati, N., & Indrawadi, J. (2020). Pembinaan sikap peduli sosial siswa melalui kegiatan Pramuka Di SMP Negeri 10 Padang. Journal of Civic Education, 3(1), 52–60.
Prasetyo, S. A., Hadi, H., & others. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).
Rahmat, D. (2010). Buku Materi Pramuka Penegak: Ambalan Pandawa Srikandi Gudep 04. 137-04. 134. Grobogan: SMA Negeri, 1.
Ratnawati, I., Imron, A., & Benty, D. D. N. (2018). Manajemen pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 284–292.
Rohyana, H., & Muttaqin, M. F. (2023). Internalisasi Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran PKN Di SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1619–1626.
Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Manazhim, 3(1), 110–126.
Sari, E. J., Husein, N. M., & Rusqiati, D. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Islam Terhadap Kinerja Organisasi Berbasis Syariah. JURNAL ILMIAH …. http://journal.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/index.php/jibk/article/view/451
Supriadi, A., & Wanto, D. (2023). Pelaksanaan Pengambilan Keputusan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 367–382.
Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). Penerapan nilai kerja keras dan tanggungjawab dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 100–106.
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.