SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MEYUSUN MODUL AJAR
Abstract
Para guru masih menghadapi berbagai tantangan dalam melaksanakan tugasnya. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, akses yang terbatas terhadap pelatihan dan pengembangan, serta perubahan paradigma dalam metode pembelajaran. Penelitian dengan judul “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Modul Ajar” ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar, kemudian untuk menganalisis bagaimana langkah-langkah supervisi akademik agar dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar. Supervisi akademik yang dibahas dalam penelitian ini ialah serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan pendidik pada pengelolaan proses belajar mengajar demi terwujudnya pendidikan yang berhasil dimana ilmu dapat disampaikan dengan baik. Modul ajar dikembangkan dengan berpedoman pada capaian pembelajaran yang mana targetnya adalah Profil Pelajar Pancasila . Modul ajar ini dapat berupa metode, sarana, media, pedoman, ataupun petunjuk yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran. Modul ajar ini merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan di SDN Pesantren Kota Semarang. Penelitian tindakan adalah intervensi praktis di dunia nyata yang bertujuan memperbaiki situasi praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di mana peneliti bertindak sebagai perencana, pelaksana, pengumpul, penganalisis data, serta pelapor hasil penelitian. Dalam studi ini, supervisi klinis dilaksanakan melalui empat langkah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Supervisi akademik ini dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam menyusun modul pembelajaran yang terdiri dari berbagai alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang dengan menarik dan sistematis.
Kata kunci: Kompetensi Guru; Modul Ajar; Supervisi Akademik
References
Amela, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Arman, A. (2016).Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 55–62. https://doi.org/10.34125/mp.v1i1.57
Ekayana, A. A. G., & Rakasiwi, A. A. R. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH INTERNET OF THINGS. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 159. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17594
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. sage.
Kemmis, S., & Taggart, M. (1998). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Maarif, N. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Untuk Pembelajaran Kelas 1 SD Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 208–220. http://jurnal.widyahumainiora.org/index.php/jptwh/article/view/18
Muthmainah, Udin, T., Sianturi, M. K., Nasution, S. I., Purnomo, A., Rifai, A., Nur, S., Awaru, O. T., & Syamsuddin, N. (2022). Sistem Model dan Desain Pembelajaran (Issue September). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Saman, A. M., & Hasanah, E. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1913–1920.
Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Universitas Diponegoro.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1–7.
Copyright (c) 2024 Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah ringkasan yang dapat dibaca manusia dari (dan bukan pengganti) lisensi. Sangkalan.
Anda bebas untuk:
- Bagikan — salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — remix, transformasi, dan membangun di atas materi
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti ketentuan lisensi.
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan apakah perubahan telah dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara apa pun yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial — Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan ketentuan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Pemberitahuan:
- Anda tidak harus mematuhi lisensi untuk elemen materi dalam domain publik atau di mana penggunaan Anda diizinkan oleh pengecualian atau batasan yang berlaku.
- Tidak ada jaminan yang diberikan. Lisensi mungkin tidak memberi Anda semua izin yang diperlukan untuk tujuan penggunaan Anda. Misalnya, hak-hak lain seperti publisitas, privasi, atau hak moral dapat membatasi cara Anda menggunakan materi tersebut.