SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MEYUSUN MODUL AJAR
Abstract
PTS ini berjudul “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Meyusun Modul Ajar” Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah melalui supervisi akademik dapat meningkaitaikain kompetensi guru dailaim menyusun modul ajar, kemudiain untuk menganalisis baigaimana langkaih-langkaih supervisi akademik agar dapat meningkaitkain kompetensi guru dalam menyusun modul ajar. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Modul aijair aidailaih sejumlaih ailait aitaiu sairainai mediai, metode, petunjuk, dain pedomain yaing diraincaing secairai sistemaitis dain menairik. Modul ajar merupakan implementaisi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari capaian pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran. PTS ini dilaksanakan di SDN Pesantren. Penelitian tindakan merupakan intervensi praktik dunia nyaita yang ditujukan untuk meningkatkan stuasi praktis. PTS ini dengan pendekatan kualitatif yang memerankan peneliti bertindak sebagai perencana, pelaksana, pengumpul, penganalisa penafsir data dan sekaligus menjadi pelapor penelitian. Dalam penelitian ini supervisi klinis dilakukan dengan langkah: menawarkan tiga langkah yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul pembelajaran yang memuat sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik.
References
Amela, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Arman, A. (2016).Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 55–62. https://doi.org/10.34125/mp.v1i1.57
Ekayana, A. A. G., & Rakasiwi, A. A. R. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH INTERNET OF THINGS. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 159. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17594
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. sage.
Kemmis, S., & Taggart, M. (1998). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Maarif, N. S. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Untuk Pembelajaran Kelas 1 SD Melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 208–220. http://jurnal.widyahumainiora.org/index.php/jptwh/article/view/18
Muthmainah, Udin, T., Sianturi, M. K., Nasution, S. I., Purnomo, A., Rifai, A., Nur, S., Awaru, O. T., & Syamsuddin, N. (2022). Sistem Model dan Desain Pembelajaran (Issue September). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Saman, A. M., & Hasanah, E. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1913–1920.
Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Universitas Diponegoro.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1–7.
DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i1.9532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.