ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD GUGUS IV TEMBUKU

Ni Wayan Indah Setiawati

Abstract


Kurikulum Merdeka Belajar menjadi fokus utama pemerintah Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan strategi penting dalam implementasi kurikulum tersebut. Namun, pelaksanaan asesmen diagnostik dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi seringkali menghadapi berbagai tantangan. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik asesmen diagnostik di SD Gugus IV Tembuku sebagai bagian dari upaya mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan fokus pada wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun mayoritas guru telah memahami konsep asesmen diagnostik, namun terdapat variasi dalam pendekatan yang digunakan, mulai dari penggunaan tes hingga interaksi langsung dengan siswa. Kendala seperti keterbatasan pengetahuan dan sumber daya masih menjadi tantangan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menyoroti perlunya dukungan dan pelatihan yang lebih baik bagi guru untuk meningkatkan efektivitas asesmen diagnostik dalam pembelajaran berdiferensiasi. Dalam konteks Kurikulum Merdeka Belajar, peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan asesmen diagnostik menjadi kunci dalam memenuhi kebutuhan belajar yang beragam di kelas. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa upaya lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendukung guru dalam mengatasi tantangan yang ada dan memaksimalkan potensi pembelajaran berdiferensiasi di tingkat sekolah dasar.

References


AK, W. W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Ayuni, M. Di, Dwijayanti, I., Roshayanti, F., & Handayaningsih, S. (2023). Analisis Karakteristik peserta didik melalui asesmen diagnostik (Studi kasus : kelas 6 SDN Pandean Lamper 04). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 3961–3976.

Darmayanti, N. W. S., & Setiawati, N. W. I. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 119–127. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638

Febrianti, V. P., Cahyani, A., Cahyani, S., Allisa, S. N., & Arifah, R. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi. 06(01), 17–24.

Insani, F., Nuroso, H., & Purnamasari, I. (2023). Analisis Hasil Asemen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4450–4458. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1154

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140.

Kemdikbud. (2022). Pulihkan Pembelajaran, Mendikbudristek Luncurkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/pulihkan-pembelajaran-mendikbudristek-luncurkan-kurikulum-merdeka-dan-platform-merdeka-mengajar

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020, Pub. L. No. 719/P/2O2O (2020). https://drive.google.com/file/d/1Xo5EfU_IbWdMjIrgJsSASwcxQBcS3ds2/view

Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & Aprinawati, I. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2936–2941.

Laulita, U., Marzoan, M., & Rahayu, F. (2022). Analisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 1–17.

Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(4), 1305–1312.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Mutiani, M., Abbas, E. W., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122.

Nugroho, D., Febriantania, P., & Ridaningsih, I. (2023). A Sistematic Literature Review: Implementasi Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka A Sistematic Literature Review : Implementasi Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka. Journal of Islamic Education ANNABA, 9(2), 1–12.

Rintayani, P. (2022). Buku Referensi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi.

Rovita, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Cooperative Learning Teknik Demonstrasi Untuk Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas 1 SDN Songgokerto 02 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 854–876.

Safarati, N. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. Literature Review, 6(November), 33–37.

Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis asesmen diagnostik pada model pembelajaran project based learning di kurikulum merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 250–263.

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Subhan, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1).

Suryani, N., Muspawi, M., & Aprillitzavivayarti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 773–779.

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 93–102.




DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i1.9548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.