Karakteristik Habitat Labi-Labi (Amyda Cartilaginea) di Desa Tundagan Kecamatan Hantara Kabupaten Kuningan

Dede Suhendar, Toto Supartono

Abstract


Labi-labi Amyda cartilaginea adalah jenis Kura-kura yang habitatnya di air tawar dari family Trionychidae, yang menyebar luas di kawasan Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik habitat labi-labi di Desa Tundagan dan telah dilakukan pada Oktober-November 2019.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explorasi untuk data keberadaan labi-labi, garis berpetak untuk data vegetasi, pengukuran langsung untuk peubah faktor lingkungan.  Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.  Penelitian memperoleh hasil bahwa subtrat dari dasar sungai untuk lokasi perjumpaan labi-labi didominasi lumpur, vegetasi sekitar didominasi kelapa (INP = 137.82), pH = 7, suhu air 250-300C.  Labi-labi tercatat sebanyak 14 individu.  Penelitian ini menunjukkan bahwa ekosistem sungai di Desa Tundagan masih berfungsi sebagai habitat labi-labi sehingga perlu dijaga.


Full Text:

PDF

References


Auliya, M. 2007. An Identification Guide to the tortoise and Freshwater Turtles of Brunei Darusalam, Indonesia, Malaysia, Papua New Guinea, Philippines, Singapore and Timor Leste TRAFFIC Southeast Asia. Petaling Jaya. Malaysia. 98 p.

Direktorat Jendral Perikanan. 1995. Petunjuk Teknis Labi-Labi (Trionyx cartilagineous). Ditjenkan. Departemen Pertanian, Jakarta.

D.F. Warnock, W.M. Randle dan O.M. Linstrom, Jr. 1993. Photoperiod, Temperature, and Plant Age Interact to Affect Short-day Onion Cold Hardiness. Hortscience, Georgia

Iskandar, DT. 2000. Kura-Kura dan Buaya Indonesia dan Papua Nugini dengan catatan Mengenai Jenis-Jenis di Asia Tenggara. PAL Media Citra. Bandung. 191 p.

Iverson, JB. 1992. A Revised Checklist With Distribution Maps of the Turtles of the World. Privately printed. Richmond. Indiana. 363 p.

Man, P. 2012. Keanekaragaman Jenis Primata di Kawasan Hutan Lindung Boven Lais Desa Batu Roto Kabupaten Bengkulu Utara Propinsi Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu p.

Tjakrawidjaja, A. H. 2010. Studi Fauna Eksotik Ikan Air Tawar, Reptilia dan Amphibia Asli Indonesia. LIPI. Bogor.

Van Dijk, PP. 2000. The Status of Turtles in Asia. Chelonian Research Monograph 2: 15-23 p.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.