Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Quagga : Jurnal Pendidikan dan Biologi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

REGISTER

  • Buka halaman https://journal.uniku.ac.id melalui browser. Ada tiga link yang tersedia pada masing-masing jurnal, yaitu VIEW JOURNAL untuk melihat suatu jurnal secara lengkap, CURRENT ISSUE untuk melihat ISSUE terkini yang terbit dan REGISTER untuk mendaftar ke jurnal tersebut.

  • Klik link REGISTER pada jurnal yang akan dituju, sehingga muncul form register sebagai berikut:
  1. Username, diisi dengan nama yang akan digunakan untuk login
  2. Password, diisi dengan kata sandi yang unik dan mudah diingat minimal 6 karakter
  3. Repeat password, diisi dengan kata sandi yang sama
  4. Validation, masukkan kode validasi pada kotak isian yang disediakan
  5. Salutation, dapat diisi dengan Mr. atau Mrs.
  6. First Name, wajib diisi dengan nama depan
  7. Middle Name, dapat diisi dengan nama tengah
  8. Last Name, wajib diisi dengan nama belakang, jika namanya terdiri dari satu suku kata, last name dapat diisi dengan gelar atau suatu karakter, titik “.” misalnya.
  9. Initials, dapat diisi dengan inisial nama
  10. Gender, dapat dipilih sesuai dengan jenis kelamin, male atau female (lelaki atau perempuan)
  1. Affiliation, dapat diisi dengan institusi tempat bekerja atau menuntut ilmu.
  2. Signature, dapat diisi dengan tanda tangan elektronik.
  3. Email, wajib diisi dengan alamat email yang masih aktif
  4. ORCID iD, dapat diisi dengan nomor identitas digital peneliti jika ada.
  5. URL, dapat diisi dengan alama profil google scholar atau alamt blog kita yang masih aktif.
  6. Phone, diisi dengan no telepon yang dapat dihubungi
  7. Fax, diisi dengan no fax yang dapat dihubungi
  8. Mailing Address, diisi dengan alamat surat menyurat.
  9. Country, diisi dengan nama Negara sesuai dengan kewarganegaraa
  1. Bio statement, dapat diisi dengan biodata ringkas
  2. Confirmation, opsi agar sistem mengirimkan Username dan Password ke email.
  3. Working languages, kita dapat mementukan bahasa yang digunakan oleh sistem pada interface aplikasi OJS.
  4. Register as, secara default hanya Reader atau pembaca yang terchecklist, agar dapat mengirimkan artikel dapat memberikan check list juga pada bagian Author, atau Check list bagian Reviewer jika ingin mengajukan diri sebagai reviewer.
  5. Semua isian yang mengandung tanda asterik atau bintang “*” itu wajib di isi, yang lainnya dapat diisi sesuai kebutuhan.
  6. Selanjutnya klik tombol REGISTER untuk mendaftar.


SUBMIT ARTIKEL

Untuk dapat mengirimkan artikel jurnal, peran user-nya harus sebagai Author pada jurnal tersebut, jika tidak maka tidak akan dapat mengirimkan artikel jurnal tersebut. Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mengirimkan artikel jurnal:

 

1.      Login di halaman login atau di block login yang tersedia di halaman depan website jurnal.

 

 

 

 

 

 

 

2.      Setelah login, maka akan masuk ke halaman dasboard Author seperti pada gambar berikut:

 

 

 

 

 

 

 

3.      Setelah link New Submission di klik, ada lima langkah yang harus di lalui agar artikel yang kita kirimkan dapat terkirim kedalam sistem OJS.

 

 

 

 

 

 

 

4.      Pada langkah pertama STARTING THE SUBMISSION, pastikan artikel yang akan diunggah sudah memenuhi persyaratan Submission Checklist yang telah ditentukan oleh pengelola jurnal masing-masing. jika artikelnya sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diminta, beri tanda checklist pada semua Submission Checklist.

 

 

 

 

5.      Jika ada komentar untuk editor, dapat diisikan pada kotak isian COMMENTS FOR THE EDITOR, dan selanjutnya klik tombol SAVE AND CONTINUE.

 

 

 

 

 

 

6.      Langkah selanjutnya yaitu UPLOADING THE SUBMISSION, klik tombol Pilih File/Choose File dan arahkan ke direktori dimana file artikel berada dan kemudian klik Upload atau Unggah. Dan klik SAVE AND CONTINUE untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

 

 

 

 

 

 

 

7.      Langkah berikutnya adalah ENTERING THE SUBMISSION’S METADATA, di sini penulis diminta untuk melengkapi metadata atau informasi yang terkait dengan artikel yang di upload, yaitu informasi penulis, Jika penulis lebih dari satu, dapat ditambahkan penulis lainnya dengan cara mengklik tombol Add Author

 

 

 

 

 

 

8.      Kemudian selain informasi penulis, dalam metadata juga diminta informasi tentang judul artikel, abstract, kata kunci, bahasa yang digunakan dan referensi dari artikel yang ditulis.

 

 

 

 

9.      Setelah meng-klik tombol SAVE AND CONTINUE pada langkah ketiga, maka pada langkah berikutnya, UPLOADING SUPPLEMENTARY FILES, Penulis dapat menambahkan file tambahan seperti instrumen penelitian atau gambar/tabel yang belum tercantum dalam artikel yang telah diunggah. Klik Pilih File/Choose File untuk mencari file tambahan yang akan diunggah dan klik Upload untuk mengunggah file tambahan. Selanjutkan klik Save and Continue untuk melanjutkan ke langkah berikutnya

 

 

 

 

 

10.  Dan langkah terakhir CONFIRMING THE SUBMISSION, untuk meng-konfirmasi pengiriman artikel

 

 

 

 

 

 

11.  Pada tahap terakhir, tampak file yang telah diunggah beserta informasi ID artikel seperti pada gambar diatas, ukuran file dan tanggal file yang diunggah. Untuk mengakhiri proses pengiriman artikel klik tombol Finish Submission.

 

 

 

12.  Selanjutnya penulis akan menerima pemberitahuan melalui email dari Editor Jurnal. Selanjutnya penulis dapat melihat dan memantau proses review dan penyuntingan artikel oleh tim editor.

 

 

 

 

13.  Penulis juga dapat mengirimkan artikel lainnya dengan mengklik link CLICK HERE pada bagian Start a New Susmission.

 

 

Tata Cara Penulisan Artikel

 

A. PEDOMAN UMUM

  1. Naskah merupakan ringkasan hasil penelitian.
  2. Naskah sudah ditulis dalam bentuk format Word dengan file ekstensi doc.  yang sudah jadi dan siap cetak sesuai dengan template yang disediakan.Template tentang tata cara penulisan artikel dapat diunduh di laman http://journal.uniku.ac.id.
  3. Ukuran file naskah maksimal 5MB.
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan huruf Time New Roman font 11. Panjang naskah sekitar 8–10 halaman dan diketik 1 spasi.
  5. Naskah dalam format word diunggah ke http://journal.uniku.ac.id.
  6. Seting halaman adalah 2 kolom dengan equal with coloumn dan jarak antar kolom 5 mm, sedangkan Judul, Identitas Penulis, dan Abstract ditulis dalam 1 kolom.
  7. Ukuran kertas adalah A4 dengan lebar batas-batas tepi (margin) adalah 3,5 cm untuk batas atas, bawah dan kiri, sedang kanan adalah 2,0cm.

B.  SISTIMATIKA PENULISAN

  1. Bagian awal : judul, baris kepemilikan (nama penulis, nama lembaga asal penulis, email penulis), abstraksi.
  2. Bagian utama : berisi pendahuluan,, metodologi penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, dan simpulan.
  3. Bagian akhir : ucapan terimakasih, keterangan simbol (jika ada), dan referensi (daftar pustaka).

 

C.  JUDUL DAN BARIS KEPEMILIKAN

  1. Judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman font 12, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimum 15.
  2. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata ”oleh”, urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya.
  3. Nama perguruan tinggi dan alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Roman font 10.

 

D.  ABSTRACT

  1. Abstract ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, berisi tentang inti permasalahan/latar belakang penelitian, cara penelitian/pemecahan masalah, dan hasil yang diperoleh. Kata abstract dicetak tebal (bold).
  2. Jumlah kata dalam abstract tidak lebih dari 200 kata dan diketik 1 spasi.
  3. Jenis huruf abstract adalahTimes New Roman font 11, disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikan dalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat.
  4. Abstract dilengkapi dengan Keywords yang terdiri atas 5-8 kata yang menjadi inti dari uraian abstraksi. Kata Keywords dicetak tebal (bold).

 

E.   ATURAN UMUM PENULISAN NASKAH

  1. Setiap sub judul ditulis dengan huruf Times New Roman font 11 dan dicetak tebal (bold).
  2. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 0,75 cm, antar alinea tidak diberi spasi.
  3. Kata asing ditulis dengan huruf miring (italic).
  4. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat dan bilangan bulat yang kurang dari sepuluh harus dieja.
  5. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor urut.

 

F.  REFERENSI

Penulisan pustaka menggunakan sistem Harvard Referencing Standard. Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah. Kemutakhiran referensi sangat diutamakan.

  • Buku

[1] Penulis 1, Penulis 2 dst. (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul Buku cetak miring. Edisi, Penerbit. Tempat Publikasi.

Contoh :

O’Brien, J.A. dan. J.M. Marakas. 2011. Management Information Systems. Edisi 10. McGraw-Hill. New York-USA.

  • Artikel Jurnal

[2] Penulis 1, Penulis 2 danseterusnya, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul rtikel.Nama Jurnal Cetak Miring. Vol. Nomor. Rentang Halaman.

Contoh :

Cartlidge, J. 2012. Crossing boundaries: Using fact and fiction in adult learning. The Journal of Artistic and Creative Education. 6 (1): 94-111.

  • Prosiding Seminar/Konferensi

[3] Penulis 1, Penulis 2 dst, (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul rtikel.Nama Konferensi. Tanggal, Bulan danTahun, Kota, Negara. Halaman.

Contoh :

Michael, R. 2011. Integrating innovation into enterprise architecture management.Proceeding on Tenth International Conference on Wirt-schafts Informatik. 16-18 February 2011, Zurich, Swis. Hal. 776-786.

  • Tesis atau Disertasi

[4] Penulis (Nama belakang, nama depan disingkat). Tahun publikasi. Judul.Skripsi, Tesis, atau Disertasi.Universitas.

Contoh :

Soegandhi. 2009. Aplikasi model kebangkrutan pada perusahaan daerah di Jawa Timur. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Joyonegoro, Surabaya.

  • Sumber Rujukan dari Website

[5] Penulis. Tahun. Judul. Alamat Uniform Resources Locator (URL). Tanggal Diakses.

Contoh :

Ahmed, S. dan A. Zlate. Capital flows to emerging market economies: A brave new world?. http://www.federalreserve.gov/pubs/ifdp/2013/1081/ifdp1081.pdf. Diakses tanggal 18 Juni 2013.

 

G.    ATURAN TAMBAHAN

  • Penulisan Rumus

Rumus matematika ditulis secara jelas dengan Microsoft Equation atau plikasi lain yang sejenis dan diberi nomor seperti contoh berikut.

 

 

  • PenulisanTabel

Tabel diberi nomor sesuai urutan penyajian (Tabel.1, dst.), tanpa garis batas kanan atau kiri. Judul table ditulis dibagian atas table dengan posisi rata tengah (center justified) seperti contoh berikut

 

  • Gambar

 

Gambar diberi nomor sesuai urutan penyajian (Gambar.1, dst.). Judul gambar diletakkan dibawah gambar dengan posisi tengah (center justified) seperti contoh berikut.


 

 

Pernyataan Privasi

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.