IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM EKSRESI

Cece Kurniawan, Ondi Suganda, Rahma Widiantie

Abstract


Hasil pembelajaran masih menunjukkan banyak siswa belum terampil dalam memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Masih banyak guru biologi yang belum memanfaatkan multimedia interaktif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu multimedia interaktif terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi sistem eksresi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design, dengan teknik pengambilan sampel yang dipilih yaitu digunakan Cluster Random Samplin. Subjek kelas eksperimen sebanyak 33 siswa sebagai dan kelas kontrol sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan pemecahan maslah, lembar observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan alfa 5%. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai t hitung> t tabel (6,9 >2,66), berarti terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu multimedia interaktif terhadap keterampilan memecahkan masalah dengan indeks N-Gain 0,58, termasuk kategori sedang. Oleh karena itu, disarankan guru biologi menggunakan model PBL berbantu multimedia interaktif pada topik lainnya untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa

Kata Kunci : Keterampilan memecahkan masalah, Problem Based Learning (PBL), multimedia interaktif


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT. Refika Aditama.

Argaw Aweke S, Haile Beyene B, Ayelaw Beyene T, Kuma Shiferaw G. 2016. The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students Motivation and Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education. [Online]. Tersedia: http://www.iserjournals.com/jour nals/eurasia/download/10.12973/e urasia.2017.00647a. Diakses 12 Juli 2017

Eny, S. 2010. IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang. [Online]. Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/nju/inde x.php/kreano/article/view/1491

Hertiavi, M.A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. [Online]. Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/artikel_n ju/file_unduh/3/1104/1104-2129-1-PB.pdf

Keziah, A. 2010. A Comparative Study Of Problem Based And Lecture Based Learning In Secondary School Students International Journal of Science and Technology Education Research. Vol. 1(6). [Online]. Tersedia: http://www.academicjournals.org/ article/article1379500305_Keziah .pdf. Diakses 12 Juli 2017

Novia, dkk. 2012. Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah IDEAL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MtsN Air Hangat Kabupaten Kerinci. Jurnal. [Online]. Tersedia: stikip-pgri- sumbar.ac.id

Phumeechanya, N., & Wannapiroon P. 2013. Ubiquitous Scaffold Learning Environment Using Problem-Based Learning To Enhance Problem-Solving Skills And Context Awareness. International Journal on Integrating Technology in Education (IJITE) . Vol.2, No.4. 23-33 [online]. Tersedia : https://ai2-s2-pdfs.s3.amazonaws.com/42f4/727 0615cd9a805a25adb944ee65ffaa4 15db.pdf [31 Agustus 2017]

Purnomo, Andy E., & Mawasari V.D. 2014. Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving Berbasis Project Based Learning. JKPM,1,(1),1-8.

Retnosari, Nilam. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing berbantu Multimedia Interaktif terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan, 1(8) [online]. Tersedia : http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6635

Sadia, I.W., Dewi, P.S.U. & Suma, K. 2014. Pengaruh Model Based Lerning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Melalui Pengendalian Bakat Numerik Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 [online]. Tersedia : http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1060

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Widiantie, R. & Lismaya, L. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Strategi Ideal Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kelenjar Endokrin [Online]. Jurnal Quagga vol 9 No.1 Januari 2017, Tersedia : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/515 (diakses tanggal 3 januari 2017)




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.1251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License