PENERAPAN METODE GALLERY WALK TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 GEGESIK

Retno Rakhmayanti, Anna Fitri Hindriana, Handayani Handayani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Gallery Walk terhadap kreativitas siswa dengan menggunakan metode True Eksperimen post-test Only Control Design. Penelitian ini juga menggunakan Peer Assesment untuk menilai proses pembuatan produk antar teman, Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gegesik Tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 194 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling, dibagi menjadi 2 kelompok kelas, yaitu kelas metode Gallery Walk sebanyak 40 siswa dan kelas metode Proyek sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penilaian kreativitas produk, lembar observasi penilaian antar teman dan angket. Hipotesis diuji menggunakan uji statistik nonparametrik wilcoxon, Peer Assesment dan angket menggunakan presentasi hasil . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji wilcoxon adalah R# 820 > Z 7,7 yang artinya ada pengaruh penerapan metode Gallery Walk terhadap kreativitas siswa. Hasil Peer Assesment menunjukkan presentasi 100 % untuk semua indikator pada kelas ekspeimen yang artinya peer assesment ini sangat baik digunakan pada metode Gallery Walk. Sedangkan untuk hasil Angket menunjukkan presentasi 90% untuk proses pembelajaran, 88,75% untuk kecocokan Metode Galley Walk terhadap materi, 87,5% untuk kelebihan metode Gallery Walk, 5% untuk kekurangan metode Gallery Walk.

Kata kunci : Gallery Walk, Kreativitas


Full Text:

PDF

References


Ali, M dan Asrori, M.2012.PSIKOLOGI REMAJA Perkembangan Peserta Didik.Jakarta:PT Bumi Aksara

Badan Standar Nasional Pendidikan No.VI Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan (online). Tersedia: http://bsnp-indonesia.org [diakses 03 Maret 2017]

Budiharto, A.A. 2010. Problematika Implementasi Metode Gallery Walk dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Virus Kelas X di SMA ISLAMIYAH AT-TANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO Tahun 2010/2011 (online). Tersedia: http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/124/jtptiain - gdl alarifbudih-6188-1-skripsi-p.pdf [diakses 17 April 2017]

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikan : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Kepel Press

Persada, R.A. 2015. Pengembangan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Pemrograman Linier Berkarakter dengan penerapan Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa (online). Tersedia : https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:kMWMIY8YvncJ:https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/download/18/17+&cd=1&hl=en&ct=clnk [diakses 10 Februari 2017]

Tim Teaching.Pendidikan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) LPTK Rayon IAIN Walisongo Semarang. Tersedia:http://www.scribd.com/doc/41637080/6-aplikasi-PAIKEM-revisi [diakses 11 Februari 2017]

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. SoloGiri Ilmu

Yunianta, T. N. H. 2012. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada implementasi project-based learning dengan peer and self-assessment untuk materi segiempat kelas vii smpn rsbi 1 juwana di kabupaten pati (online). Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/10107/1/P%20-%2095.pdf [diakses 10 Juli 2017]




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.1252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License