PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION MELALUI LKS BERBASIS MASALAH TERHADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 2 JALAKSANA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep ekosistem melalui penerapan model Student Teams Achievment Divisionyang disertai dengan LKS Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimental dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design.Populasi penelitian semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jalaksana di tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan tekhnik cluster random sampling. Sampel penelitian dari kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dengan tes uraian (pretest-posttest), LKS berbasis masalah, lembar observasi guru dan siswa, dan angket respon siswa terhadap proses pembelajaran. Analisis data diambil menggunakan uji t, berdasarkan uji t didapatkan thitung(4,5) > ttabel(2,005) dengan taraf signifikan 5% yang artinya Ho ditolak dan H1 dengan nilai gain kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yaitu 0,48 dalam kriteria sedang dan kelas kontrol 0,22 dalam kriteria rendah, hasil analisis LKS berbasis masalah mencapai persentase 75,3% dalam kriteria baik, lembar observasi guru dan siswa mencapai 89% dan 72,5%, dan hasil analisis angket respon siswa mencapai 87%. Hal diatas menunjukkan bahwa penerapan model Student Teams Achievment Division yang disertai dengan LKS Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.
Kata Kunci: Model STAD, LKS Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis
References
Burris, S et al,. (2007). “Effect Of Intructional Strategy On Critical Thinking And Conttent Knowledge: Using Problem-Based Learning In The Secondar Classroom”. Journal of Agricultural Education.(Online), 48, (1).106-116. http://www.jaeonline.org/attachments/article/193/Burris.pdf.Diakses 10 Mei 2016.
Hasruddin, dkk. (2015). “Application of Contextual Learning to Improve Critical Thinking Ability of Students in Biology Teaching and Learning Strategies Class”. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research.(Online).11, (9).109-116.http://www.ijlter.org/index.php/ijlter/article/view/317.Diakses 10 Mei 2016.
Heri, S. (2015). Pengembangan LKS IPA Berbasis Problem Based Learning Tema Pencemaran Lingkungan Guna Menumbuhkan Kemandirian Siswa. Skripsi.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Semarang.(Online).http://lib.unnes.ac.id/21066/1/4001411038-S.pdf.Diakses 10 Februari 2016.
Husamah dan Pantiwati. (2014). “Cooperative Learning STAD-PJBL: Motivation, Thinking, Skills, and Learning Outcomes Of Biology Department Students”. International Journal of Education Learning and Development.(Online).2, (1).77-94. http://www.eajournals.org/wp-content/uploads/.Diakses 10 Mei 2016.
Isjoni.(2010). Cooperative Learning.Bandung : Alfabeta. Koes, I. (2014). Ekologi Kesehatan. Bandung : Alfabeta.
Khan, G.N, et al,.(2011). “Effect of Student’s Team Achievement Division (STAD) on Academic Achievement of Students”.Journal International Education.(Online), 7, (12).1-5. www.ccsenet.org/journal/index.php/ass/article/view/13435 Diakses 10 Mei 2016.
Lia, A. (2015). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Pada Materi Biologi. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan, Kuningan.(Tidak dipublikasikan).
Nisa K.D. (2015). “Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”.Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online).5, (3).1-11.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/9077. Diakses 11 Februari 2016.
Sitty, R. (2013).Penerapan Model Cooperative Learning TGT (Teams Games Tournament) pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.Tesis.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan, Kuningan.(Tidak dipublikasikan).
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Yatim, R. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kharisma Putra Pratama.
Wati D.K. (2014). Penggunaan LKS Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Virus Dan Monera.Skripsi.Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah.(Online).http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24815?mode=full. Diakses 10 Februari 2016.
Copyright (c) 2018 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.