Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Disertai Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Kreativitas Belajar

  • Indah Putri Dianti Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung
  • Akbar Handoko Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Model CUPs, Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Kreativitas Belajar,

Abstract

Berlandaskan hasil observasi, kegiatan belajar mengajar biologi masih didominasi dengan metode ceramah dan tanya jawab sehingga pemahaman konsep peserta didik rendah. Perlu adanya perbaikan menggunakan model CUPs dan teknik Mind Mapping. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui (1) Perbedaan pemahaman konsep kelas eksperimen menggunakan CUPs dengan kelas kontrol menggunakan Direct Instruction (2) Perbedaan  pemahaman konsep yang mempunyai kreativitas belajar tinggi, sedang dan rendah (3) Interaksi antara penggunaan model pembelajaran CUPs dengan kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 212 peserta didik kelas XI IPA SMAN 5 Bandar Lampung, dengan Sampel XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes, angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman konsep, sementara angket digunakan untuk mengukur kreativitas belajar. Pengujian hipotesis Annava Dua Jalan Sel Tak Sama, taraf signifikan 5%. Diperoleh Fa=119,917>Ftabel=3,989H0A ditolak, Fb=156,271>Ftabel=3,138 H0B  ditolak, Fab=61,045<Ftabel=3,138 H0AB diterima. Dapat disimpulkan (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep kelas eksperimen dengan kelas kontrol (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep terhadap peserta didik yang mempunyai kreativitas tinggi, sedang dan rendah (3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran CUPs dengan kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep.

Kata kunci: Model CUPs; Mind Mapping; Pemahaman Konsep; Kreativitas Belajar

References

Amalia, Rusdi, Retno, Yulilina, 2016, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi’, Jurnal Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, Vol.9, No.2.

Bolandifar, Saeideh, Noordin, Nooreen, 2013, ‘Investigating the Relationship between Creativity and Academic Achievement of Malaysian Undergraduates’, Jurnal Teknologi Social Science.

Creswell, John W, 2014, Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, USA, SAGE Publication, Inc.

Darusman, Rijal, 2015, ‘Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp’, Infinity Journal, Vol.3, No.2.

Deta, UA, Widha, S, 2013, ‘Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 9, No. 1.

Effendi, Mukhlison, 2016, ‘Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar’, Jurnal Pendidikan Islam.

Indrowati, Meti, Setiyawan, Dedy, Nurmiyati, 2016, ‘Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Berbantu Peta Konsep Dan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Pemahaman Konsep Protista Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukaharjo Tahun Pelajaran 2014/2015’, Jurnal Bio- Pedagogi, Vol.5, No.1.

Ismawati, F, Nugroho, Dwijananti, P, 2014, “Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Curiosty Dan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.

Izzati, Nurma, 2016, ‘Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping’, Tadris Matematika, Jurnal Tadris Matematika, Vol.5, No.1.

Kosim, Ibrahim, Gunawan, 2017, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah’, Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, Vol.3, No.1.

Kurniasih, Nining, Haka, Bidayati Nukhbatul, 2017, ‘Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Archaebacteria Dan Eubacteria’, Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, Vol. 8, No.1.

L, Maulvi, Awwalia, 2015, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Resiprocal Teaching Terintregasi Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Sirkulasi’, Jurnal Pendidikan.

Majid, Abdul, 2013, Strategi Pembelajaran, Bandung, PT. Rosdakarya.

Nilawarni, Reduk, Dewi, R., Shelena, R., D., Nugraha, 2015, ‘Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures (Cups) Dan Concept Attainment Model (Cam) Terhadap Reduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan’, Jurnal Biosfer, Vol.8, No.1.

Nurfitriyanti, Eva, Roida, Maya, 2015, ‘Metode Pembelajaran Inquiry Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar’, Jurnal Pendidikan Matematika.

Prastiwi, Irdana, Soedjoko, Edi, 2014, ‘Efektivitas Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Aspek Koneksi Matematika’, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 5, No.1.

Priantini, Okta, Manu, 2016, ‘Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar IPS’, Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Dwijendra.

Rosdianto, Haris, 2017, ‘Students` Conceptual Understanding through Generative Learning Model in Topic Light’, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 6, No .2.

S, Purnama, Riska, 2017, ‘Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Belajar SiswaMelalui Proyek Multimedia Tentang Sel Pada Siswa SMK’, Jurnal Pendidikan Biologi.

Sahara, La, 2015, ‘Penerapan model concept teaching pendekatan Concept attainment untuk0meningkatkan0pemahaman8konsep’, Jurnal Pendidikan8Fisika Dan Teknologi, Vol.I, No.2.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Sukmawati, Iswara, Klara, Murnaka, Pranuta, Nerru, Gita, Asri, ‘Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Sebagai Upaya Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa’, Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Vol.2, No.1.

Sumantri, Syarif, Mohammad, 2016, Strategi Pembelajaran, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Sunarto, 2018, ‘Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi’, Jurnal Refleksi Edukatika, Vol.8, No.2.

Tatang, Anwar, Japar, Muh, 2018, ‘The Effectiveness of Career Information Service with Mind Mapping Technique to Improve Students Occupational Knowledge’, Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 7, No.1.

Uno, B, Hamzah, 2012, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Wiarta, Wyn I, Anggreni, Rita, Kd, Meter, Gd, I., 2013, ‘Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana Denpasar Barat’, Ejournal Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.1, No.1.

Published
2020-01-30
Section
Articles