Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Praktikum untuk Meningkatkan Intensi Berwirausaha Mahasiswa

Ruhana Afifi, Lia Yulisma

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan intensi berwirausaha mahasiswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek melalui praktikum budidaya maggot Black Soldier Fly (BSF). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru biologi semester enam tahun akademik 2018-2019 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling Penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan pengujian hipotesis uji satu pihak berdasarkan skor pretest dan posttest. Adapun data yang dikumpulkan, yaitu intensi berwirausaha dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan intensi berwirausaha mahasiswa kelas eksperimen yang tinggi (28,57%), berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Artinya, penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada praktikum budidaya Maggot BSF dapat meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa.

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek; Praktikum; Maggot BSF; Intensi Berwirausaha


Keywords


Pembelajaran Berbasis Proyek; Praktikum; Maggot BSF; Intensi Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Afifi, R dan Yulisma, L. 2019. Project Based Learning Application to Develop Entrepreneurship of Preservice Teacher. Journal of Physics: Conference Series, VOL 1157 (2).

Agustina, P. 2015. Persepsi Mahasiswa Calon Guru Biologi tentang Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Menengah : Studi Pengembangan Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Bioedukatika. Vol 3 (2). Hal : 26-29

Bae, et, al. 2014. The relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial intentions: A meta-analytic review. Journal Entrepreneurship Theory And Practice, Vol 38 (2). Hal : 217-254.

Bas, G. 2011. Investigating The Effects of Project Based Learning on Students Academic Achievement And Attitudes Towards English. TOJNED: The Online Journal of New Horisozon In Education. Vol. 1 (4).

ČičkovH, et.al. 2015. The Use of Fly Larvae for Organic Waste Treatment. Waste Manag. Vol 35. Hal : 68-80.

Darmawan, I, Suetjipto, B. E. 2016. The Implementation of Project Base Learning to Improve entrepreneurrial intention and entrepreneurship learning out come of Economics Education Student. IOSR Journal of Business and Management. Vol 18 (10). Hal : 98-102

Farida, E et.al. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek untuk Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. JPEK. Vol 1(1). Hal : 8-13.

Gerba, D.T. 2012. Impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions of business and engineering students in Ethiopia. African Journal of Economic and Management Studies. Vol. 3(2). Hal : 258-277.

Handaru, A.W., et. al. 2015. Membangun Intensi Berwirausaha Melalui Adversity Quotient, Self Efficacy, dan Need For Achievement. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.17 (2), Hal : 145166.

Jagantara, I.M.W, Adnyana, P.B dan Widiyanti, N.L.P. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran berbasis proyekterhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol 4 (1). Hal : 1-13.

Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 34.

Kurniawati, L., et. al. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal Eduma. Vol 4(2). Hal : 62-74.

Kusumaningrum, S. dan Djukri, D. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 2 (2) . Hal : 241-251.

Muhar, A.M. 2013. Faktor Penentu Intensi Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Keuangan dan Bisnis. Vol 5 (1). Hal : 15-29.

Mulyani, E. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran berbasis proyekPendidikan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Sikap, Minat, Perilaku Wirausaha dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Tahun XXXIII (1). Hal : 50-61 11.

Mulyana, M. 2012. Faktor-fakyor Yang Membentuk Intensi Berwirausaha Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku dan Kinerja Pedagang Kaki Lima di Kota Bogor. Diseminarkan dalam Kolokium Sekolah Pascasarjana IPB.

Otaya, L.G. 2014. Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Islam Berbasis KKNI dalam Keterserapan Lulusan di Dunia Kerja. Jurnal Managemen Pendididkan Islam TARDIB. Vol 2 (1)

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Singh, I., Prasad, T., & Raut, R. D. 2012. Entrepreneurial intentA review of literature. Proceedings of the Ninth AIMS International Conference on Management. Maharashtra, India.

Siwa, I.B, et.al. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol 3 (1). Hal : 1-13.

Suharti, L dan Hani, S. 2011. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) : Studi terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Managemen dan Kewirausahaan .Vol 13 (2). Hal: 124-134.

Suryaman. 2014. Fun-Eco-Preneur Education : Sebuah Konsep Pendidikan Multibudaya untuk Memperkuat Nilai-nilai Wirausaha di Indonesia. Sosiohumanika. Vol 7 (1). Hal : 125-136.

Wardhana, A.H. 2016. Black Soldir Fly (Hermetia Illucens) sebagai Sumber Protein Alternatif untuk pakan ternak. Wartazoa. Vol 26 (2). Hal : 69-78




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License