Keanekaragaman Mikroalga Chlorophyta Di Sungai Kasie Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan

Harmoko Harmoko, Sepriyaningsih Sepriyaningsih

Abstract


Sungai memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya yaitu sebagai ekosistem makhluk hidup. Sungai Kasie merupakan salah satu sumber air PDAM Tirta Bukit Sulap Lubuklinggau dan habitat untuk berbagai macam makhluk hidup. Chlorophyta (alga hijau) merupakan kelompok terbesar dari vegetasi alga, yang sebagian besar hidup di air tawar. Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat menganalisis keanekaragaman mikroalga Chlorophyta di sungai Kasie Kota Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Sampel diambil dari 3 stasiun berdasarkan kriteria ekosistem yang berbeda, dengan tiga pengulangan waktu pengambilan dari bulan April-Mei 2019. hasil penelitian yang dilakukan, jenis mikroalga Chlorophyta yang ditemukan di Sungai Kasie Kota Lubuklinggau, terdiri dari: 4 Kelas, 6 Ordo, 7 Famili, 7 Genus, dan 9 Spesies. Mikroalga Chlorophyta yang ditemukan di Sungai Kasie Kota Lubuklinggau terdiri dari Microspora sp, Scenedesmus opoliensis, Scenedesmus sp, Ulothrix sp, Rhizoclonium sp, Rhizoclonium hieroglyphicum, Microthamnion sp, Stigeoclonium sp dan Bulbochaete sp. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai rata-rata keanekaragaman Chlorophyta di Sungai Kasie Kota Lubuklinggau yaitu 1,22 dalam kategori “keanekaragaman kecil/rendah”.

Kata Kunci: Chlorophyta; Mikroalga; Keanekaragaman; Kota Lubuklinggau; Sungai Kasie.


Keywords


Chlorophyta; Mikroalga; Keanekaragaman; Kota Lubuklinggau; Sungai Kasie

Full Text:

PDF

References


Andriansyah., Setyawati, T.R & Lovadi, I. 2014. Kualitas Perairan Kanai Sungai Jawi dan Sungai Raya Dalam Kota Pontianak Ditinjau Dari Struktur Komunitas Mikroalga Perifitik. Jurnal Protobiont 3: 61-70.

Endrawati, H & Riniatsih, I. 2013. Kadar Total Lipid Mikroalga Nannochloropsis oculata yang dikultur dengan suhu yang berbeda. Buletin Oseanografi Marina. 2(1): 25-33

Harmoko., Triyanti, M & Aziz, L. 2018. Eksplorasi Mikroalga Di Sungai Mesat Kota Lubuklinggau. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 13: 19-23.

Harmoko & Sepriyaningsih. 2017. Keanekaragaman Mikroalga di Sungai Kati Kota Lubuklinggau. Scripta Biologica, 4(3): 201-205.

Harmoko & Sepriyaningsih. 2018. Keanekaragaman Mikroalga Chlorophyta Di Sungai Kelingi Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Jurnal Pro-Life, 5(3): 666-676.

Junaidi, F.F. 2014. Analisis Distribusi Kecepatan Aliran Sungai Musi (Ruas Jembatan Ampera Sampai Dengan Pulau Kemaro). Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan 2(3): 542-552.

Maresi, S.R.P., Priyanti., & Yunita, E. 2015. Mikroalga Sebagai Bioindikator Saprobitas Perairan Di Situ Bulakan Kota Tangerang. Al Kauniyah; Jurnal Biologi. 8 : 113-122.

Pangestu, H & Haki, H. 2013. Analisis Angkutan Sedimen Total Pada Sungai Dawas Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. 1(1) 103-109.

Sari, R.M., Ngabekti, S & Martin, F.P. 2013. Keanekaragaman Fitoplankton Di Aliran Sumber Air Panas Condrodimuko Gedongsongo Kabupaten Semarang. Unnes Journal of Life Science, 2 (1) 9-15.

Satriani., Golar & Ihsan, M. 2013. Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penerapan Program Pemberdayaan Di Sekitar Sub Daerah Aliran Sungai Miu (Kasus Program SCBFWM Di Desa Simoro Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi). Warta Rimba, 1(1): 1-10.

Siahaan R, Indrawan A, Soedharma D, dan Prasetyo LB. 2011. Water quality of cisadane river, West Java-Banten. Jurnal Ilmiah Sains, 11(2): 268-273.

Siregar. 2011. Identifikasi Dominasi Genus Alga pada Air Boezem Morokembrangan sebagai Sistem High Rate Algae Pond (HRAP). Surabaya: Jurusan Teknik Lingkungan FTSP-ITS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.