Pengaruh Model Pembelajaran Recripocal Teaching Pair Share dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

Maria Apolonia Ndae, Diyah Ayu Widyaningrum

Abstract


Pembelajaran mengggunakan model pembelajaran Recripocal Teaching Pais Share (RTPS) dengan media gambar dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan quasy experimentuntuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada topik Sistem Pencernaan Makanan dan Pernapasan dengan menggunakan pembelajaran RTPS dengan media gambar. Data yang diambil adalah kemampuan berpikir kritis yang dinilai menggunakan rubrik. Teknik analisis data menggunakan uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan F hitung < F tabel yaitu 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga ada pengaruh model pembelajaran RTPS dengan media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis menunujukkan bahwa siswa dapat dilatih kemampuan berpikir kritisnya melalui sintaks RTPS. Model pembelajaran RTPS dengan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: pembelajaran; Reciprocal Teaching Pair Share; kemampuan berpikir kritis

Keywords


pembelajaran; Reciprocal Teaching Pair Share; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


A, Y. S., Corebima, D., & Indriwati, S. E. (2016). The Analysis of Teaching Habit Effect Based on Conventional Learning in Empowering Metacognitive Skills and Critical Thinking Skills of Senior High School Students in Malang, Indonesia. International Journal of Academic Research and Development, 1(5), 6469.

Aprida, P., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Diharjo, R. F., Budijanto, & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. In Transformasi Pendidikan Abad 21 untuk Mengembangkan Pendidikan Dasar Bermutu dan Berkarakter (pp. 445449). Malang.

Haryanti, A. S. (2018). Penggunaan Media Gambar dan Media Radio Pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja-Tangerang. Jurnal Kredo, 1(2), 1425. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/viewFile/2108/1217

Huda, M. M., Susilo, H., & Sadijah, C. (2017). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadu Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, 2(10), 13561368.

Lestari, P. B., & Widyaningrum, D. A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Recripocal Teaching Pair and Share (RTPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mikrobiologi Mahasiswa IKIP Budi Utomo. Florea, 3(2), 1524. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/florea.v3i2.795

Lestari, P. B., & Wijayanti, T. (2016). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Dipadukan dengan Think Pair Share TerhadapKemampuan Metakognisi Mahasiswa MK Mikrobiologi IKIP Budi Utomo. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 4(1), 17. https://doi.org/10.33503/paradigma.v22i1.380

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 2735. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/de8b/fb08d138cc2e8430b83e01b1e7c99117b4d3.pdf

Muhfahroyin. (2009). Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 16(1), 8893.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Eduhumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115127.

Shophia, A., & Retno Mulyaningrum, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v6i1.1486

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea, 2(1), 2935. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JF/article/viewFile/403/374

Sudiantini, D., & Shinta, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Matematis Siswa. JPPM, 11(1), 177186. Retrieved from http://150.107.142.250/index.php/JPPM/article/viewFile/2996/2327

Sulaiman, A., & Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 8696. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. In Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016 (pp. 605612).

Tamara, T. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share dan Group Investigation Terhadap Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal Of Economics Education, 1(1), 7384. https://doi.org/10.17509/jurnal




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License