Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar

Arrofa Acesta

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif denganpendekatan kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalahsecara kualitatif berdasarkan data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Unggulan di Kuningan yang berberjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis soal evaluasi harian IPA dan Kuisioner. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA di SD Kuningan indeks Persepsi siswa dalam aspek berpikir kritis termasuk katagori sering, aspek berpikir kreatif termasuk katagori sering dan aspek pemecahan masalah termasuk katagori jarang, berdasarkan data tersebut bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi sudah sering dilaksanakan. hasil analisis soal-soal evaluasi harian IPA menunjukkan soal yang menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir tingkat rendah dari data hasil penelitian dapat menyimpulkan soal-soal IPA untuk mengembangkan HOTS masih rendah.

Keywords


HOTS, Materi IPA

Full Text:

PDF

References


Acesta, Arrofa. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Jurnal Dinamika IPA Sekolah Dasar. Universitas Negeri Jakarta.

Acesta, Arrofa. 2020. Development of Natural Science Learning Models Based on Multiple Inteligences to Improve Higher Order Thinking Skills in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series 1477 (2020) 042036 IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1477/4/042036.

Ariyana, Yoki, Dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Anugrahana, Andri. 2018. Tinjauan Deskriptif Penerapan Higher Order Thinking dan Problem-Based Learning Pada Mata Kuliah Geometri Berdasarkan Kemampuan Matematika Mahasiswa, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 2, Mei 2018: 142-156 Universitas Sanata Dharma.

Apandi, Idris. 2018. Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan Hots. Samudra Biru, Yogyakarta.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Rajawali Press. Jakarta.

Fanani, Ahmad, Kusmaharti Dian. 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801 Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya.

Fajriyah Khusnul, Agustini Ferina. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang. Jurnal Elementary School e-ISSN 2502-4264 Volume 5 nomor 1 Januari 2018 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang.

Ismawati Bernadeta Putri, 2019 Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IVTahun Ajaran 2018.2019, Skripsi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Meilianawati Bernadeta Ika. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Tematik Kelas III. Skripsi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Usmaedi. 2017. Menggagas Pembelajaran Hots Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JPSD Vol. 3 No. 1, Maret 2017 ISSN 2540-909382, STKIP Setia Budhi Rangkas Bitung.

Wijayanti, Putri Nugraheni, 2019, Analisis Keterampilan Berpikitr Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran Tematik Kelas V, Skripsi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

Organized by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Kuningan
ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2615-5869 (online)
Alamat : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : 0232-873696, 0232-878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga
Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Creative Commons License

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License