PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI METODE POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DISERTAI NILAI KARAKTER MATERI SISTEM RESPIRASI

Ni Nyoman Ernita Dewi, Handoko Santoso, Agil Lepiyanto

Abstract


Abstrak:

       Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan modul biologi metode POE (Predict, Observe, Explain) disertai nilai karakter materi sistem respirasi yang layak.  Nilai karakter yang ditampilkan pada modul ini yaitu nilai karakter jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan rasa ingin tahu. Penambahan nilai karakter pada modul bertujuan untuk menjadikan peserta didik menjadi generasi yang memiliki karakter yang baik untuk menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Penambahan Metode POE (Predict Observe Explain) juga memiliki kelebihan yaitu peserta didik mampu berpikir kreatif untuk mengemukaan prediksi terhadap suatu permasalahan yang muncul dan memacu peserta didik untuk membuktikan prediksinya dengan upaya penyelidikannya dan mendukung ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dengan model pengembangan yang disarankan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu model 4-D, tetapi hanya sampai tahapan develop karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik analisis data menggunakan angket yang di ujicobakan ke peserta didik sebagai uji coba kelompok kecil, sebelum diujicobakan pada kelompok kecil, telah dilakukan validasi oleh para ahli dan telah revisi, dengan persentase nilai dari ahli desain 86%, ahli materi 90%, dan uji coba kelompok kecil dengan persentase 86%. Hasil presentase menunjukkan bahwa produk ini dikatagorikan sangat baik untuk kriteria kelayakan pada modul dan keterbacaan modul.


Keywords


Modul metode POE (Predict, Observe, Explain); nilai karakter.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Aditia, M. T. dan Muspiroh, N. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat, dan Islam (Salingtemasis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Kelas X Di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia. 2(2). 7-8.

Amien, J. A. 2018. Pelatihan Cara Teknik Pengutipan dan Cara Menghindari Tindakan Plagiat Bagi Para Guru SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. 2(2). 42.

Anggoro, B. S. 2015. Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2). 124.

Ariyanti, L. Utami, B. dan VH, E. S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dilengkapi LKS Berbasis Drill and Practice untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 3 Semester genap SMA N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia. 7(1). 87.

Ayu, Y. P. dan Lepiyanto, A. 2019. Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict Observe Explain) Terintegrasi Nilai Keislaman Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Bioterdidik. 7(4). 55.

Fathonah, F. S. 2016. Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1). 173.

Hadisi, L. 2015. Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’dib. 8(2). 56-57.

Herdianawati, S. Fitrihidajati, H. dan Purnomo, T. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Inkuiri Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Daur Biogeokimia Kelas X. Jurnal BioEdu. 2(1). 100.

Hidayah, N. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 2(2). 194.

Kesuma, D. Triatna, C. dan Permana, J. 2012. Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). Cetakan Ketiga. PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.

Megayani. 2017. Penerapan Strategi Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal Bio Education. 2(1). 59.

Nugraha, D. A. 2019. Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran POE terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. ISSN: 2548-8325. 174.

Parmin. 2012. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berwawasan Sains, Lingkungan, Teknologi Dan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan. 29(2). 129.

Ramadhani, W. P. dan Mahardika, I. K. 2015. Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. Jurnal Seminar Nasional Fisika dan Pembelajaran. ISBN: 978-602-71279-1-9. 86.

Riduwan. dan Akdon. 2015. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika Untuk Penelitian (Administrasi Pendidikan-Bisnis-Pemerintahan-Sosial-Kebijakan-Ekonomi-Hukum-Manajemen-Kesehatan). Cetakan keenam. Alfabeta. Bandung.

Sari, N. T. dan Sutarto. S. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Gambar Kejadian Riil Untuk Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6(1). 9-10.

Setiawati, S. 2016. Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika. ISSN:2442-8485. 48.

Setyowati, R. Parmin. dan Widiyatmoko, A. 2013. Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Jurnal Unnes Science Educatio. 2 (2). 246.

Sayektiningsih. Samardjoko, B. dan Muhibin, A. 2017. Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Jurnal Managemen Pendidikan. 12(2). 229-230.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.