ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstract
Proses perkuliahan pada umumnya belum memfasilitasi mahasiswa calon guru biologi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan belum dapat membantu mahasiswa meningkatkan penguasaan konsep terutama materi biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep spesiasi mahasiswa calon guru biologi melalui pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching-only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa calon guru biologi semester VI yang sedang menempuh mata kuliah Evolusi, dibagi menjadi kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran problem solving dan kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan indeks N-Gain 0,47 dan kelas kontrol 0,30 yang keduanya termasuk kategori sedang, penguasaan konsep mahasiswa juga mengalami peningkatan dengan indeks N-Gain kelas eksperimen 0,37 termasuk dalam kategori sedang dan kelas kontrol 0,19 termasuk dalam kategori rendah. Hasil uji t menunjukkan hipotesis diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep mahasiswa calon guru. Hasil analisis keterampilan berpikir kritis adalah kelas eksperimen temasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata prosentase 59% dan kelas kontrol termasuk dalam kategori kurang dengan rata-rata prosentase 43%. Hasil analisis penguasaan konsep mahasiswa kelas eksperimen menunjukkan 93% mahasiswa kelas eksperimen tuntas dalam belajar, sedangkan kelas kontrol menunjukkan 71% mahasiswa tuntas dalam belajar. Penguasaan konsep mahasiswa menunjukkan mahasiswa kelas eksperimen cukup baik dalam memahami, mengaplikasi, menganalisis dan mengevaluasi konsep, sedangkan kelas kontrol termasuk dalam kategori kurang. Pembelajaran berbasis masalah dapat menjadi model pembelajaran alternatif yang digunakan oleh dosen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep mahasiswa.
Â
Keyword: Keterampilan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, Pembelajaran Berbasis masalah
Copyright (c) 2015 Quagga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.