EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOKIMIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DIPADU VEE DIAGRAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MAHASISWA DENGAN KEMAMPUAN AKADEMIK ATAS DAN BAWAH

Handayani Handayani, Ina Setiawati

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan pemahaman konsep melalui pembelajaran Biokimia menggunakan model inkuiri dipadu dengan vee diagram terhadap, pada mahasiswa akademik atas dan bawah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental faktorial 2x2 nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa Program Studi Biologi tingkat I yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan uji ANAVA. Dari penelitian ini ditemukan: (1) ada perbedaan pembelajaran Inkuiri melalui vee diagram dan tanpa vee diagram terhadap pemahaman konsep Biokimia dan keterampilan proses sains, (2) ada perbedaan mahasiswa dengan kemampuan akademik atas dan mahasiswa dengan kemampuan akademik bawah terhadap pemahaman konsep Biokimia dan keterampilan proses sains, dan (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran Inkuiri melalui vee diagram dan tanpa vee diagram dengan kemampuan akademik mahasiswa terhadap pemahaman konsep Biokimia dan keterampilan proses sains.

 

Kata Kunci: inkuiri, vee diagram, keterampilan proses sains, pemahaman konsep.

References


Akhmad Nasor. 2012. Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbantuan Diagram Vee Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang.

Alvarez, M.C. Teaching and learning. Diakses lewat: http://explorers.tsuniv.edu/veeweb/ tanggal 5 November 2014

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: a Revision of Bloom’s Taxonomy. New York. Longman Publishing. http://www.kurwongbss.qld.edu.au/thinking/Bloom/blooms.htm, diakses tanggal 10 Maret 2014.

Anwarholil. 2008. Keterampilan Proses. (Online). http://anwarholil.blogspot.com, diakses 10 Maret 2014.

Balduf, Megan. 2009. Underachievement Among College Students. Journal of Advance Academic. Vol 20(2):274-294.

Baskoro Adi Prayitno. 2013. Efektivitas Integrasi Sintak Inkuiri dan Kooperatif STAD (INSTAD) dalam Memperkecil Kesenjangan Keterampilan Proses Sains pada Mahasiswa Akademik Atas dan Bawah. Prossiding Seminar Nasional Universitas sebelas Maret 9 November 2013.

Calais, Gerald J. 2009. The Vee diagram as a Problem Solving Strategy: Conten Area Reading/Writing Implications. National Forum Teacher Education Journal. Department of Teacher Education Burton College of Education Mc.Neese State University, Lake Charles, Louisiana. Volume 19(3).

Caliskan, Ilke. 2014. The Preceptions of Pre-service Science Teachers About Using Vee Diagram and Electronic Portfolios in Physics Laboratuary Course. Educational Research and Review. Vol 9(6): 173-182 23 March 2014.

Dwi Pertiwi Hapsari, Suciati Sudarisman, Marjono. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 3 September 2012 Halaman 16-28

Jacinta, A.O dan Nkasiobi, S.O. 2011. Inquiry Instructional Method and The School Science Curriculum. Reasearch Journal of Social Sciences. Volume 3(3): 188-198.

Karoline and Afamasaga Fuata’i. 2004. Concept Map and Vee diagram as Tools for learning New Mathematics Topics. Proc of the first Int. Conference on Concept Mapping.

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Passmore, G.G. 1998. Using vee diagrams to facilitate meaningful learning and misconception remediation in radiologic technologies laboratory education. Radiologic Science and Education 4(1), 11 – 28.

Polancos, D. T. 2012. Effects of Vee Diagram and Concept Mapping on the Achievement of Students in Chemistry. Ched Acredited Research Journal. Volume 7. No. 1.

Roth, W. M & Bowen, M. (1993, February). The unfolding vee. Science Scope, 16(5),28 – 32.

Saeed Khan. 2011. Effect of Inquiry Method of Achievement of Student in Chemistry at Secondary Level. International Journal of Academic Research.

Sri Wulanningsih, Baskoro Adi Prayitno, Dan Riezky Maya Probosari. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa Sma Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 2. Mei 2012 Halaman 33-43

Sunday A, Adeyemo. 2010. Student’s Ability Level and Their Competence in Problem Solving Task in Physics. International Journal of Education Research and Technology. Vol 1(2) Desember 2010: 35-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : [email protected]

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.