PENERAPAN PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN PRESTASI MAHASISWA BIOLOGI (TINGKAT I ) FKIP UNIKU

Lilis Lismaya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jenis strategi pembelajaran yang digunakan dalam KBM namun kurang dapat membangun karaker mahasiswa FKIP sebagai calon guru, salah satunya dalam kemampuan berargumentasi. Oleh karena itu, perlu adanya suatu strategi belajar yang mampu menumbuhkan kemampuan berargumentasi mahasiswa, sehingga diharapkan dengan penerapan strategi every one is a teacher here ini meningkatkan prestasi mahasiswa khususnya dalam KBM dan menumbuhkan keberanian mereka dalam mengemukaan pendapat mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan strategi every one is a teacher here terhadap peningkatan kemampuan berargumentasi dan prestasi mahasiswa biologi (tingkat 1) FKIP UNIKU. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh mahasiswa tingkat 1 biologi FKIP UNIKU tahun ajaran 2011-2012 sebanyak 2 kelas. Sedangkan sampel yang diambil secara purposive sampling adalah 1 kelas ekperimen. Adapun metode yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan desain pre test-post test design dan jenis penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistic parametric (uji Z), karena data berdistribusi normal. Dari pengolahan tes akhir melalui uji Z pada taraf signifikasi 1% diperoleh hasil Z hitung = 9,63 dan Z daftar = 2,58 maka Z hitung>Z daftar. Dengan demikian H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi “Every One is a Teacher  Here†terhadap hasil belajar dan kemampuan berargumentasi mahasiswa Biologi tingkat  I FKIP UNIKU.




DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v3i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Quagga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

QUAGGA : Jurnal Pendidikan dan Biologi

ISSN 1907-3089 (print), ISSN 2651-5869 (online)

Organized by Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education, Universitas Kuningan, Indonesia.

Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/index

Email : quagga.prodibio@uniku.ac.id

Address : Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.